Apa itu Pengertian Gen?

Baru-baru ini ada beberapa ilmuwan luar negeri yang akan melakukan rekayasa genetika pada janin manusia. Mereka melakukan utak-atik pada gen untuk melakukan hal tersebut. Tetapi sudahkah Anda tahu apa pengertian gen itu? Apa pengertian mendasar dari kata gen yang sering kali dihubungkan dengan masalah pewarisan pada manusia? Secara sederhananya sekumpulan pewarisan sifat untuk organisme hidup itulah yang disebut dengan gen. Untuk mempelajari secara khusus mengenai segala seluk-beluk gen, ada satu cabang ilmu yang disebut dengan genetika. Ilmu genetika merupakan salah satu cabang ilmu dalam biologi. Gen juga memiliki sifat-sifat dan beberapa fungsi.

Ilmu genetika merupakan ilmu warisan yang keberadaannya telah dikenal sejak zaman prasejarah. Pada zaman prasejarah tersebut, pengaturan gen yang dilakukan adalah berupa pengembangan beragam ras ternak. Akan tetapi, pada kenyataannya beberapa ilmuwan biasanya melakukan pengaturan genetika dimulai dengan ditemukannya kembali naskah Gregor Mendel pada 1900 lalu. Penelitian Mendel menunjukkan bahwa teori warisan campuran pada genetika tidak berlaku, sedangkan pada teori yang dikemukakan Lamarck menjelaskan bahwa sifat-sifat yang dibawa orang tua akan diteruskan kepada keturunan atau anak-anak mereka yang juga dipatahkan oleh teori Mendel yang lain. Untuk membahas lebih dalam lagi tentang gen, maka kita perlu mengetahui beberapa pengertian gen menurut beberapa ahli.

Pengertian Gen Menurut Para Ahli

Jika menilik sejarah, gen ternyata diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh seorang ahli embriologi dan genetika pada tahun 1911. Pengertian gen adalah substansi hereditas yang berada dalam lokus di dalam kromosom. Pernyataan ini dikemukakan oleh ilmuwan bernama Thomas Hunt Morgan yang berasal dari Amerika Serikat sebagai ilmuwan yang pertama kali mengenalkan gen tersebut. Setiap gen juga memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Gen yang mengandung informasi genetik tersebut memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang pertama adalah menentukan sifat-sifat yang akan diwariskan. Fungsi yang kedua dari gen adalah untuk memberikan informasi kepada generasi selanjutnya. Yang terakhir, gen yang sifatnya ditentukan oleh susunan dari kombinasi basa nitrogen ini juga berfungsi dalam mengatur metabolisme serta perkembangan.

Selain Thomas Hunt Morgan, ada juga ilmuwan lain yang mengemukakan pengertian dari gen. Beberapa ilmuwan tersebut adalah Francis Crick (1916) serta James Watson (1928). Mereka mengemukakan bahwa gen merupakan bagian dari molekul yang kompleks dan sangat besar yang mana ditemukan di dalam inti semua sel, DNA (asam deoksiribonukleat) molekul. Lebih jauh lagi, Francis Crick yang merupakan seorang kimiawan juga menjelaskan aliran informasi yang dibawa oleh DNA tersebut. Informasi yang dijelaskannya merupakan DNA dalam seri The Central Dogma. Berdasarkan kimiawan asal Inggris ini, aliran DNA informasi bisa diteruskan ke dalam sel dan individu lain dengan cara replikasi. Itulah beberapa pengertian gen yang bisa Anda ketahui.

loading...
Apa itu Pengertian Gen? | Adzikra Ibrahim |