Apa Pengertian Hutan dan Apa Saja Manfaat dari Adanya Hutan

Mungkin kata “hutan” bukan lagi asing di telinga Anda namun apakah Anda tahu mengenai pengertian hutan? Memang banyak sekali orang yang tahu mengenai hutan tetapi tidak banyak yang tahu mengenai pengertian dari tempat penuh pepohonan yang rindang itu. Hutan memang menjadi sebuah ekosistem yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan seperti pepohonan rindang, paku-pakuan, dan jenis tanaman lainnya. Selain itu, hutan juga menjadi tempat tinggal untuk beragam fauna khususnya fauna liar yang harus dilindungi keberadaannya yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan. Sehingga sebuah lahan atau sebuah tempat dapat dikatakan sebagai hutan memang harus memiliki ekosistem yang saling berkesinambungan satu sama lain.

Apa pengertian hutan? Apa saja manfaat dari keberadaan hutan?

Rasanya belum lengkap jika membahas mengenai pengertian hutan namun tidak membahas pengertiannya dari beberapa ahli dan dari sumber-sumber terpercaya. Dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 mengenai kehutanan menyebutkan bahwa hutan didefinisikan sebagai sebuah kesatuan dari ekosistem dari kumpulan flora dan fauna  atau sumber daya hayati yang biasanya didominasi oleh pepohonan. Tidak hanya itu, sebuah tempat dapat dikatakan sebagai hutan jika memenuhi beberapa unsur. Unsur-unsur tersebut antara lain seperti adanya hamparan lahan, berupa sebuah ekosistem, terdapat sumber daya alam baik itu berupa flora maupun fauna yang saling berkesinambungan, serta tempat tersebut harus dapat memberikan manfaat baik itu untuk guna dan daya.

Selain mengetahui dan memahami pengertian hutan, Anda juga harus mengetahui tentang manfaat dari hutan. Mungkin banyak dari Anda yang sudah tahu apa saja manfaat dari tempat tersebut namun ada juga yang belum. Sebenarnya ada empat macam manfaat dari hutan, yakni manfaat klimatologis, manfaat ekologis, dan manfaat hidrolis. Manfaat klimatologis dari hutan seperti hutan membantu memasok oksigen dunia atau lebih sering disebut dengan paru-paru dunia. Selain itu, hutan juga dapat mengatur iklim dari suatu tempat, mengingat hutan yang ada di dunia memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga bisa dikatakan jika hutan dapat mengontrol iklim dari sebuah tempat.

Manfaat ekologis dari hutan adalah seperti menjaga dan membantu menyuburkan tanah, mencegah timbulnya banjir atau erosi, dan merupakan tempat hidup beragam flora dan juga fauna khas dari tempat hutan itu tumbuh. Sementara manfaat hidrolis sendiri seperti hutan menjadi tempat penampungan air hujan alami yang tentunya mencegah manusia dari kekeringan di musim kemarau. Selain itu, hutan juga berfungsi untuk menjaga kualitas dari air tanah agar memiliki pH yang cocok sehingga air yang ada di daratan layak untuk dikonsumsi. Selain ketiga manfaat dari hutan di atas, ternyata dengan adanya pemanfaatan hutan yang baik mampu memberikan pemasukan devisa negara. Sekian sedikit pengertian hutan dan manfaatnya, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Apa Pengertian Hutan dan Apa Saja Manfaat dari Adanya Hutan | Adzikra Ibrahim |