Fungsi, Manfaat dan Pengertian Dasar Negara

Bila sebuah negara tidak mempunyai dasar, maka tujuan yang dimiliki tidak akan dicapai dengan jelas. Sehingga, negara akan menjadi kacau. Oleh karena itu, dibuatlah dasar negara. Dengan adanya hal ini, maka timbul konstitusi atau lebih terkenal dengan julukan hukum. Istilah inilah yang kemudian dijadikan sebagai pedoman oleh rakyat di dalam kehidupan bernegara terhadap negaranya. Namun, sudahkah mengerti apa itu pengertian dasar negara?

Pengertian dasar negara kemudian bermakna karena terdiri dari kata yaitu dasar serta negara. Dasar sendiri bermakna fundamental atau landasan. Sedangkan negara adalah sebuah organisasi pada kekuasaan. Di dalamnya wajib ada rakyat, pemerintahan yang senantiasa berdaulat serta ada unsur wilayah. Secara umum, dasar negara dari Republik Indonesia adalah Pancasila. Pernyataan ini seperti yang telah tertuang di dalam pembukaan dari Undang-Undang Dasar 1945.

Pengertian Dasar Negara Menurut Beberapa Ahli

Beberapa pendapat tentang pengertian dasar negara sesuai dengan beberapa ahli berdasar pada sudut pandang berbeda sebagai berikut.

  1. Aristoteles

Tokoh ini mengemukakan pendapatnya bahwa sebuah negara adalah perpaduan antar keluarga hingga ke sejumlah desa. Sehingga, pada titik terakhir, keduanya bisa berdiri secara mandiri yang memiliki tujuan sama. Kesamaan tujuan tersebut adalah kehormatan dan kesenangan kedua unsur tadi.

  1. George Jellinek

Sedangkan Georger memberikan penjelasan dari pengertian dasar negara sebagai sebuah organisasi yang mempunyai kekuasaan pada sekelompok orang. Kelompok tersebut sama-sama tinggal di sebuah wilayah tertentu.

  1. Magnis S.

Magnis mengatakan memberikan pengertian dasar negara sebagai sebuah kesatuan pada masyarakat politik. Kemudian, memiliki beberapa fungsi, yaitu menjamin, menerapkan, dan membuat norma kelakuan menjadi berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat.

  1. J. Rousseau

Sementara itu, Rousseau memberikan pendapatnya terkait dengan pengertian dasar negara. Istilah ini didefinisikan sebagai sebuah alat dimana mempunyai fungsi untuk menjaga adanya kemerdekaan meliputi masing-masing individu serta ketertiban hidup dari rakyat negaranya.

  1. Karl Marx

Sosok ini mendefinisikan pengertian dasar negara sebagai sebuah peringkat dimana memiliki kekuasaan terkait dengan cara menjalankan penindasan atau eksploitasi pada kelas lainnya.

  1. C.Wheare

Beliau memberikan pengertian dasar negara termasuk ke dalam seluruh sistem dari tata negara dimana mengandung sejumlah aturan yang menjalankan pemerintahan dari sebuah negara.

  1. Logemann

Istilah dari dasar negara didefinisikan sebagai sebuah organisasi pada kekuasaan dimana menyatukan sekelompok dari manusia yang kemudian diberi sebutan sebagai bangsa.

  1. Dr. Mr. Soenarko

Ia memberikan penjelasan bahwa sebuah negara adalah organisasi dari suatu masyarakat. Kemudian, masyarakat tersebut berdiam pada wilayah tertentu, dalam hal ini kekuasaan negara telah berlaku secara penuh menjadi sebuah kedaulatan.Baca juga Pengertian Kedaulatan Rakyat dalam Sebuah Negara

  1. Robert M.M. Iver

Robert mengungkapkan dasar negara terkait dengan bentuk dari sebuah asosiasi dimana memiliki peran untuk menjaga dan melindungi ketertiban di dalam masyarakat. Sehingga, sesuai dengan sebuah sistem dari hukum yang telah berlaku serta telah dijalankan oleh pihak pemerintah yang memiliki kekuasaan untuk memberikan tekanan maupun bersifat memaksa.

  1. Roger F.S.

Roger memberikan pengertian dari dasar negara sebagai sebuah alat yang dapat digunakan guna mengendalikan seluruh persoalan yang mengatasnamakan rakyat.

  1. Djokosoetono

Kini, giliran tokoh dari Indonesia sendiri yang menjelaskan pengertian dari dasar negara sebagai sekumpulan manusia atau sebuah organisasi manusia yang ada di bawah sebuah pemerintahan sama.

  1. Tracy

Tokoh terakhir yang memberikan pendapatnya dalam ulasan ini terkait dengan istilah dasar negara mengaitkan dengan sebuah program yang mempunyai tujuan. Kemudian, tujuan tersebut adalah memberikan adanya perubahan pada tatanan dari kehidupan bermasyarakat dalam sebuah negara.

Itulah beberapa pengertian dasar negara menurut beberapa ahli. Tentu pendapat para ahli tersebut memiliki sudut pandang yang berbeda. Namun, pada intinya pengertiannya hampir sama.

Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Secara umum, dasar negara memang dipergunakan oleh negara pendukung atau bangsanya, serta mempunyai fungsi sebagai berikut.

  1. Dasar dari pergaulan antar warga negara. Selain menjadi dasar dari hubungan antara negara dan warganya, dasar negara juga menjadi dasar dari hubungan antara warga negara di dalamnya.
  2. Berfungsi sebagai berdiri serta tegaknya sebuah negara. Pemikiran yang sangat mendalam mengenai dasar negara sangat lazim untuk muncul saat sebuah bangsa berkeinginan untuk mendirikan suatu negara. Oleh karena itu, dasar negara mempunyai fungsi sebagai dasar dari berdirinya sebuah negara. Setelah negara berdiri, maka dasar negara tersebut bisa menjadi sebuah landasan untuk pengelolaan negara bersangkutan.
  3. Fungsi lainnya adalah sebagai sumber dan dasar dari hukum nasional. Semua aktivitas dari penyelenggaraan negara maupun warga negara terkait dengan kehidupan bermasyarakat, baik berbangsa serta bernegara wajib berdasar pada hukum berlaku. Sehingga, seluruh peraturan yaitu perundang-undangan yang telah dibentuk dalam hal penyelenggaraan negara wajib didasarkan atas dasar negara.
  4. Selain itu, dasar negara menjadi sebuah dasar bagi partisipasi warga negaranya. Seluruh warga negara memiliki hak serta kewajiban sama guna mempertahankan negara serta partisipasi sebagai upaya bersama dalam mencapai adanya tujuan bersama. Sehingga, semua warga negara tadi wajib menjadikan dasar negara sebagai pedoman.
  5. Menjadi dasar dari kegiatan penyelenggaraan negara. Sebuah negara didirikan pastinya guna mewujudkan sebuah cita-cita serta mempunyai tujuan nasional dari sbeuah bangsa di bawah seorang pemimpin sebagai penyelenggara negara. Supaya pihak penyelenggara benar-benar bisa mewujudkan suatu tujuan nasional, maka mereka tadi wajib untuk menjadikan dasar negara pada seluruh kegiatan dalam pemerintahan.

Masing-masing negara pasti mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada pamerintahnya sendiri-sendiri. Sementara itu, setiap negara mempunyai dasar negara berbeda-beda pula. Dasar negara tadi menjadi suatu pondasi kuat serta kokoh dimana dijadikan sebagai sebuah pedoman dan pandangan hidup oleh masing-masing masyarakatnya. Sebagai salah satu contohnya adalah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila menjadi sebuah dasar dari negara dimana mengajarkan sebuah nilai-nilai kehidupan dan menjadi pedoman hidup. Sementara itu, dasar negara juga mempunyai ragam manfaat.

Manfaat pertama dari dasar negara yaitu sebagai sebuah pedoman hidup serta pandangan bagi seluruh masyarakat yang bermukim di sebuah negara. Dengan mengacu pada dasar negara, maka warga negara bisa hidup secara baik serta bisa mengerti norma-norma pada sebuah negara yang mereka tinggali. Kedua, dengan keberadaan dasar negara, maka seluruh masyarakat yang bertempat tinggal akan mempunyai tujuan lebih jelas dalam hal bernegara.

Manfaat selanjutnya dari dasar negara adalah sebagai sebuah landasan dari sebuah ideologi dari suatu negara. Artinya bahwa sebagai acuan di dalam masyarakat supaya dapat menganut serta mengerti sebuah negara dimana mereka bertempat tinggal. Selain itu, dasar negara menjadi kepribadian dari jiwa bangsa negara tadi. Dengan adanya dasar negara, nantinya sebuah negara mempunyai tidak hanya jiwa tetapi juga kepribadian. Dasar negara dapat juga memberikan arah serta tujuan dari cita-cita bangsa supaya tercapai dengan maksimal dan baik serta jadi sebuah alat guna menyatukan bangsa tersebut.

Baca Juga Pengertian Ideologi Pancasila, Ideologi Negara Indonesia

Dari sekian banyak manfaat dari dasar negara tersebut, sebenarnya masih ada lagi yang lainnya. Manfaat-manfaat tersebut senantiasa memberikan pengetahuan bagi pembaca disamping pengertian dasar negara dan fungsinya.

loading...
Fungsi, Manfaat dan Pengertian Dasar Negara | Adzikra Ibrahim |