Pengertian Abstrak dan Fungsi Abstrak dalam Dunia Penelitian

Pengertian Abstrak – Dalam dunia penelitian, abstrak merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam laporan hasil penelitian. Abstrak biasanya ditampilkan di bagian awal sebuah laporan penelitian sebagai informasi singkat dan general mengenai isi laporan penelitian secara keseluruhan.

Bagi orang-orang yang sering berkaitan dengan dunia penelitian seperti akademisi atau pun praktisi, istilah abstrak tentunya bukanlah istilah yang baru atau pun asing di telinga mereka. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam yang tidak berkaitan dengan dunia penelitian sama sekali, istilah abstrak tentunya bukanlah istilah yang familiar.

Lantas apa sih sebenarnya abstrak itu?

Definisi dan Pengertian Abstrak

Secara umum, abstrak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada wujudnya. Produk abstrak (dunia ekonomi) misalnya, merupakan produk-produk yang tidak memiliki wujud sama sekali seperti salah satunya adalah produk jasa.

Dalam dunia penelitian sendiri, pengertian abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak biasanya diletakkan di bagian awal sebuah karya ilmiah atau pun laporan hasil penelitian sebagai informasi awalan bagi para pembaca.

Abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian tersebut dibuat, maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat.

Fungsi Abstrak

Dalam dunia penelitian, abstrak memiliki beberapa fungsi dasar sebagai berikut :

  1. Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian

Dalam setiap laporan hasil penelitian, abstrak berfungsi sebagai salah satu komponen yang harus ada di bagian awal laporan hasil penelitian. Tanpa keberadaan abstrak, sebuah laporan hasil penelitian menjadi tidak lengkap sehingga sulit lebih sulit untuk dipelajari.

  1. Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian

Fungsi abstrak dalam penelitian yang kedua adalah sebagai gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, abstrak merupakan tulisan singkat yang isinya adalah gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Tanpa abstrak, sebuah laporan penelitian menjadi lebih sulit untuk dipelajari (untuk mempelajarinya harus melihat seluruh bagian isi laporan penelitian terlebih dahulu).

  1. Bahan Pertimbangan bagi Pembaca

Fungsi abstrak yang ketiga adalah sebagai bahan pertimbangan bagi para pembaca laporan penelitian. Sebelum membaca keseluruhan isi, pembaca laporan penelitian dapat membaca abstrak terlebih dahulu untuk mengetahui apakan isi atau pun bahasan laporan penelitian sesuai atau tidak dengan apa yang dicari oleh pembaca.

Itulah pengertian Abstrak dalam penelitian ilmiah. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Abstrak dan Fungsi Abstrak dalam Dunia Penelitian | Adzikra Ibrahim |