Pengertian Akomodasi dan Bentuk-bentuknya

Pengertian Akomodasi – Akomodasi merupakan salah satu istilah yang sering digunakan di dalam berbagai interaksi sosial. Istilah akomodasi biasanya digunakan untuk menggambarkan penyelesaian dari pertikaian yang terjadi di antara dua pihak tertentu. Akomodasi sendiri biasanya dijalankan untuk bisa mendapatkan beberapa tujuan berikut ini :

  • Mengurangi konflik yang terjadi di antara dua pihak atau pun dua kelompok akibat terjadinya kesalahpahaman.
  • Mencegah terjadinya pertentangan untuk beberapa waktu ke depan.
  • Meleburkan atau pun menyatukan dua kelompok sosial yang terpisah.
  • Memungkinkan berjalannya kerja sama di antara dua kelompok atau pun dua pihak yang terpisah karena adat atau pun suku budaya.

Definisi dan Pengertian Akomodasi

Jika diartikan secara singkat maka akomodasi merupakan usaha untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan jika diartikan secara luas, maka pengertian akomodasi adalah upaya – upaya yang sengaja dijalankan untuk bisa melerai atau pun menyelesaikan pertikaian yang terjadi di antara dua belah pihak.

Bentuk – bentuk Akomodasi

Dalam praktikknya, akomodasi dapat dibedakan menjadi 7 bentuk akomodasi. Berikut merupakan penjelasan ketujuh bentuk akomodasi tersebut :

  1. Kompromi

Bentuk akomodasi yang pertama adalah kompromi. Kompormi merupakan bentuk akomodasi yang mana pihak yang bertikai saling bermusyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga pertikaian yang terjadi bisa lebih mudah diselesaikan.

  1. Konsiliasi

Bentuk akomodasi yang kedua adalah konsiliasi. Konsiliasi merupakan aktivitas mempertemukan dua pihak yang berselisih atau pun bertikai untuk mendapatkan jalan tengah atau pun penyelesaian dari apa yang dipertikaikan.

  1. Stalemate

Bentuk akomodasi yang ketiga adalah stalemate. Stalemate merupakan bentuk akomodasi yang mana salah satu pihak yang berselisih berhenti pada satu poin tertentu sebagai dampak adanya keseimbangan kekuatan di antara keduanya.

  1. Coercion

Bentuk akomodasi yang keempat adalah coercion. Coercion merupakan salah satu bentuk akomodasi yang pelaksanaannya dilakukan dengan paksa. Akomodasi coercion biasanya dilaksanakan karena salah satu pihak yang bertikai atau pun berselisih berada pada posisi yang lemah (kekuatan dua pihak tidak seimbang).

  1. Arbitrasi

Bentuk akomodasi yang kelima adalah arbitrasi. Arbitrasi merupakan bentuk akmomodasi yang dijalankan dengan jalan menghadirkan pihak ketiga sebagai penengah keadaan. Pihak ketiga ini biasanya dipilih oleh kedua belah pihak yang berselisih, sehingga kedua belah pihak dapat berkompromi.

  1. Toleransi

Bentuk akomodasi yang keenam adalah toleransi. Bentuk akomodasi toleransi merupakan bentuk akomodasi yang mengandalkan asas saling pengertian. Akomodasi ini biasanya dijalankan tanpa persetujuan dari salah satu pihak yang bertikai atau pun berselisih.

  1. Ajudikasi

Bentuk akomodasi yang ketujuh adalah ajudikasi. Bentuk akomodasi ini merupakan sebuah proses penyelesaian masalah di pengadilan. Bentuk akomodasi ajudikasi biasanya hanya dijalankan ketika dua pihak yang bertikai sudah tidak dapat diselesaikan masalahnya dengan cara apa pun.

Jadi sudah tahu kan apa itu pengertian akomodasi?

loading...
Pengertian Akomodasi dan Bentuk-bentuknya | Adzikra Ibrahim |