Pengertian Biografi, Ciri – ciri Biografi, dan Struktur Penyusunan Biografi

Pengertian Biografi – Biografi merupakan salah satu jenis tulisan yang dibuat berdasarkan kisah nyata mengenai kisah hidup seseorang yang dianggap penting. Ya, biografi biasanya hanya dibuat untuk orang – orang yang dianggap penting, hebat, atau pun berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang.

Definisi dan Pengertian Biografi

Istilah biografi pada dasarnya berasal dari kata bios (bahasa Yunani) yang artinya makhluk hidup dan kata graphien (bahasa Yunani) yang artinya tulis. Jika diartikan dari asal katanya, maka biografi adalah tulisan yang menjelaskan mengenai riwayat hidup seseorang.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian biografi adalah sebuah tulisan yang berisi cerita berupa fakta – fakta mengenai kisah hidup seseorang yang dianggap penting atau pun berpengaruh terhadap kehidupan seseorang.

Biografi dapat dibagi menjadi dua macam yaitu biografi singkat dan biografi panjang. Biografi singkat berisi mengenai fakta – fakta kehidupan seseorang beserta dengan peran penting yang pernah dilakukannya, sedangkan biografi panjang berisi mengenai informasi penting yang ditulis secara lebih mendetail dengan gaya penyampaian yang baik.

Dalam pembuatan biografi, seorang penulis biografi harus menggunakan sumber referensi yang harus dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa sumber referensi yang biasanya digunakan oleh seorang penulis biografi yaitu buku harian, surat, koran, kerabat tokoh yang ditulis, rekan kerja orang yang ditulis, dan beberapa sumber referensi lainnya.

Ciri – ciri Biografi

Secara umum, biografi memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

  • Memiliki pola atau pun struktur baku yang terdiri dari : orientasi, peristiwa, dan reorientasi;
  • Berisi fakta yang disajikan dengan menggunakan narasi / cerita;
  • Fakta diambil dari peristiwa hidup orang yang dinarasikan;
  • Hanya dibuat untuk orang – orang atau pun tokoh yang dianggap penting atau pun berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang.

Struktur Penyusunan Biografi

Secara umum, biografi tersusun atas tiga komponen utama berikut ini :

  1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian perkenalan dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi biasanya menjelaskan gambaran awal orang yang dikisahkan di dalam biografi tersebut.

  1. Peristiwa / Masalah

Peristiwa atau pun masalah merupakan bagian isi / utama dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis akan menjelaskan mengenai seluruh kejadian dan peristiwa penting yang dialami oleh orang atau pun tokoh yang diceritakan di dalam biografi. Dapat dikatakan, bagian peristiwa / masalah merupakan bagian utama atau pun bagian pokok yang harus ada dalam sebuah biografi.

  1. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi akan memberikan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkannya. Berbeda dengan bagian struktur peristiwa, keberadaan pandangan penulis dalam sebuah biografi bersifat optional (bisa ada bisa juga ditiadakan).

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian biografi yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Biografi, Ciri – ciri Biografi, dan Struktur Penyusunan Biografi | Adzikra Ibrahim |