Pengertian Bioteknologi dan Jenis-jenis Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi – Berbicara mengenai bioteknologi, maka tidak akan terlepas dari teknologi yang digunakan dalam aktivitas agroindustri. Ya, bioteknologi merupakan segelontor teknologi yang sengaja diteliti untuk mempermudah aktivitas pembuatan produk dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia.

Definisi dan Pengertian Bioteknologi

Istilah bioteknologi pada dasarnya merupakan frasa kata yang tersusun atas kata “bio” yang artinya makhluk hidup, dan kata teknologi yang dapat diartikan sebagai sebuah penemuan – penemuan yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Jika diartikan dari frasa katanya, maka bioteknologi merupakan setiap penemuan – penemuan berupa pemanfaatan makhluk hidup yang dapat mempermudah aktivitas produksi barang atau pun jasa.

Menurut Wikipedia, pengertian bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (dapat berupa bateri, virus, jamur, dan lain – lain) maupun produk turunan dari makhluk hidup (dapat berupa enzim, alkohol, dan lain – lain) dalam proses produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Jenis – Jenis Bioteknologi

  1. Bioteknologi Merah (Red Biotechnology)

Bioteknologi merah merupakan bioteknologi yang difokuskan dalam bidang kesehatan atau pun medis. Bioteknologi merah mencakup berbagai macam spektrum pengobatan manusia dari mulai tahap preventif hingga ke tahap pengobatan. Beberapa contoh hasil bioteknologi merah yang sukses yaitu vaksin, obat, serum, dll.

  1. Bioteknologi Putih / Abu – abu (White / Gray Biotechnology)

Bioteknologi putih / abu – abu merupakan bioteknologi yang pengaplikasiannya cenderung mengarah ke bidang industri seperti industri makanan, industri minuman dan usaha penemuan / pembentukan energi terbarukan. Beberapa produk bioteknologi putih / abu – abu yang sukses mempermudah aktivitas kehidupan manusia yaitu bir, ragi, enzim, dan berbagai macam penemuan lainnya.

  1. Bioteknologi Hijau (Green Biotechnology)

Bioteknologi hijau merupakan bioteknologi yang pengaplikasiannya lebih diarahkan ke bidang pertanian dan peternakan. Aktivitas bioteknologi hijau difokuskan / diarahkan ke penelitian – penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk – produk  pendukung pertanian dan peternakan. Beberapa produk bioteknologi hijau yang telah terbukti bermanfaat dan dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia di bidang pertanian dan peternakan yaitu produk pestisida, produk pembasmi hama, produk probiotik untuk ternak, dan berbagai macam produk lainnya.

  1. Bioteknologi Biru (Blue Biotechnology)

Bioteknologi biru (yang sering juga disebut dengan istilah bioteknologi akuatik) merupakan bioteknologi yang pengaplikasiannya difokuskan pada bidang perairan / akuatik. Pengembangan dunia bioteknologi biru banyak dilakukan dengan menggunakan aktivitas rekayasa genetika. Beberapa hasil bioteknologi akuatik yang berguna hingga saat ini yaitu penumbuhan ikan bersirip di dalam lingkungan / daerah perairan yang terkontrol, vaksin untuk mempercepat aktivitas hormon seksual ikan, dan berbagai macam vaksin untuk mempercepat proses pertumbuhan bobot badan ikan.

Nah, itulah pengertian bioteknologi beserta dengan jenis – jenisnya. Semoga Bermanfaat!

loading...
Pengertian Bioteknologi dan Jenis-jenis Bioteknologi | Adzikra Ibrahim |