Pengertian Brainware Menurut Para Ahli

Istilah brainware, software, dan hardware tentunya bukan lagi istilah asing bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia komputer. Meski demikian, tidak banyak programmer yang bisa menjelaskan apa itu pengertian brainware begitu juga dengan bagaimana contoh nyatanya. Seperti namanya, brain atau otak, tentunya perangkat ini memiliki peranan yang sangat penting layaknya sebuah otak pada manusia.

Dengan pentingnya keberadaan brainware, tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer yang digunakan. Banyak sekali orang yang masih salah mengartikan apa itu istilah brainware khususnya karena adanya imbuhan kata “ware” di belakangnya. Sehingga banyak yang masih mengira jika brainware sendiri merupakan salah satu perangkat komputer.

Sebenarnya Apa Itu Pengertian Brainware dan Tingkatannya

Adanya banyak sekali ahli yang menyimpulkan pengertian brainware menurut hemat mereka masing-masing. Namun secara garis besar, brainware adalah pengguna, pemakai atau orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Jika dilihat dari pengertian tersebut, berarti siapa pun pengguna komputer dapat disebut dengan brainware. Dari pengertian tersebut juga dapat diartikan bahwa siapa pun pemakai komputer baik itu yang punya keterampilan atau tidak dapat disebut sebagai brainware. Tidak hanya itu, jika sekarang muncul mesin-mesin baru yang secara otomatis mengendalikan beberapa komputer khususnya pada pabrik, maka mesin tersebut juga bisa disebut dengan brainware.

Sementara itu, ada juga ahli yang memiliki pendapat berbeda dari pengertian brainware sebelumnya. Brainware didefinisikan sebagai seorang atau lebih manusia yang terlibat atau terjun langsung dalam pemakaian atau pengoperasian serta dapat mengatur sistem yang terdapat dalam peranti komputer. Dengan pernyataan yang disebutkan, ahli ini secara khusus mendeskripsikan bahwa hanya manusia yang bisa disebut dengan brainware. Atau secara tidak langsung, semua operator atau pengguna komputer yang bukan manusia tidak bisa disebut dengan brainware dari komputer.

Tidak hanya itu, beberapa ahli juga memiliki pendapat yang berbeda khususnya dari penjelasan pada pengertian pertama dan kedua. Pengertian brainware adalah perangkat intelektual yang dapat dan mampu untuk menjalankan dan menggunakan serta mengoperasikan perangkat lunak atau software dan juga perangkat keras atau hardware. Memang tidak dijelaskan secara rinci apa yang disebut dengan perangkat intelektual dari pengertian di atas. Namun, banyak pihak yang mengklaim bahwa hanya manusia yang bisa disebut dengan perangkat intelektual. Hal ini mengingat hanya manusia yang memiliki kecerdasan intelektual. Bahkan manusia juga memiliki kecerdasan konseptual juga emosional.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pengguna komputer disebut sebagai brainware ketika pengguna tersebut mampu mengeksplorasi kemampuan dari dimiliki dan disediakan oleh komputer. Umumnya pengguna komputer lebih sering disebut dengan user. Namun, juga disebut dengan programmer atau orang yang suka membuat program atau bisa juga disebut sebagai netter atau orang yang sedang dan senang melakukan pencarian di internet. Secara tidak langsung netter juga dapat disebut sebagai user atau brainware asalkan selama mereka menggunakan komputer sebagai sarana.

Masing-masing ahli komputer khususnya yang memang terjun langsung dalam dunia teknologi komputer pastinya mengetahui dengan pasti apa itu brainware. Akan tetapi setiap orang memiliki cara sendiri dalam mengungkapkan pengertian dari brainware. Secara umum pengertian brainware adalah pengguna komputer yang bisa secara penuh mengoperasikan komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Dapat disimpulkan, siapa pun pengguna komputer baik itu yang ahli atau masih pemula layak disebut sebagai brainware.

loading...
Pengertian Brainware Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |