Pengertian Difusi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Difusi – Istilah Difusi sering kali digunakan untuk menggambarkan proses perpindahan satu zat ataupun partikel dari satu bagian wilayah ke bagian wilayah lainnya. Proses ini biasanya banyak terjadi dalam aktivitas atau pun dunia biologi. Beberapa contoh proses difusi dalam dunia biologi yaitu difusi pupuk ke dalam tanaman, imbibisi, proses penyerapan nutrisi makanan ke dalam tubuh, dan berbagai proses difusi lainnya.

Definisi dan Pengertian Difusi

Difusi merupakan istilah yang menggambarkan proses perpindahan zat-zat ataupun partikel dari satu bagian wilayah ke bagian wilayah lainnya yang memiliki perbedaan konsentrasi. Menurut Wikipedia, pengertian Difusi adalah proses perpindahan ataupun mengalirnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Difusi

Berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kecepatan terjadinya difusi :

  1. Ukuran Partikel

Faktor utama yang paling mempengaruhi tingkat kecepatan difusi adalah ukuran partikel. Seperti yang kita ketahui bersama, semakin besar ukuran sebuah partikel, maka sulit pula partikel tersebut untuk dipindahkan. Nah, dalam proses terjadi nya difusi, ukuran partikel juga berbanding lurus dengan tingkat kecepatan proses difusi (semakin besar ukuran partikel, maka semakin lama pula waktu  yang diperlukan dalam proses terjadinya difusi).

  1. Ketebalan Membran

Faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi yang kedua adalah ketebalan membran sel. Seperti yang telah dijelaskan di atas, difusi merupakan proses perpindahan zat ataupun partikel dari satu bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian berkonsentrasi rendah. Nah, dalam proses perpindahan ini, zat yang akan berpindah biasanya akan melewati membran tertentu. Sama seperti halnya ukuran partikel, ketebalan membran juga berbanding lurus dengan kecepatan terjadinya difusi (semakin tebal membran, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan dalam proses difusi).

  1. Luas Suatu Area

Faktor ketiga yang mempengaruhi kecepatan difusi adalah luas suatu area. Semakin luas ukuran area terjadinya difusi, maka semakin luas pula bagian yang dapat bersinggungan. Dampaknya, proses perpindahan zat pun berlangsung dengan lebih cepat.

  1. Jarak

Faktor keempat yang mempengaruhi kecepatan difusi adalah jarak antara dua konsentrasi tempat terjadinya difusi. Sama seperti halnya perpindahan normal, semakin jauh jarak konsentrasi yang perlu ditempuh dalam perpindahan partikel, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan oleh partikel tersebut untuk berpindah dari satu konsentrasi ke konsentrasi lainnya.

  1. Suhu

Faktor terakhir yang juga tidak kalah berpengaruh terhadap kecepatan proses difusi adalah suhu. Untuk bergerak dengan lebih cepat, partikel biasanya membutuhkan energi yang besar. Dan salah satu sumber energi adalah panas, sehingga dalam kondisi suhu yang tinggi proses difusi dapat berlangsung dengan lebih cepat dari kondisi normalnya.

Itulah pengertian difusi beserta dengan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Difusi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya | Adzikra Ibrahim |