Pengertian Dimensi dan Beberapa Jenisnya

Pengertian Dimensi – Berbicara mengenai dimensi, hal pertama yang langsung muncul di ingatan penulis adalah Bioskop 3 dimensi. Ya, bioskop 3 dimensi merupakan salah satu produk buatan manusia yang memiliki tiga unsur dimensi sehingga apa yang ditampilkan dalam layar bioskop terlihat seperti aktivitas yang nyata.

Bagi orang-orang yang bergerak atau pun menekuni dunia seni rupa ataupun arsitektur, dimensi tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam, istilah dimensi tentunya bukanlah istilah yang familiar di telinga mereka, terutama untuk orang awam yang tidak pernah mempelajari dunia seni rupa sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya dimensi itu?

Definisi dan Pengertian Dimensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi : panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya.

Buku Filsafat Kuno

Menurut penjelasan yang ada dalam buku filsafat kuno, dimensi adalah sebuah sistem yang mengukur gerak bebas. Sebuah benda dikatakan berada pada dimensi nol apabila benda tersebut tidak dapat bergerak sama sekali ke arah manapun, seperti salah satu contohnya adalah titik.

Beberapa Jenis Dimensi

  1. Dimensi Satu

Dimensi satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi satu dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh benda dimensi satu adalah garis.

  1. Dimensi Dua

Pengertian dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, dan juga bawah.

Benda-benda dimensi dua sering juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi dua adalah memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dimensi dua yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.

  1. Dimensi Tiga

Dimensi tiga merupakan dimensi yang memiliki tiga unsur dimensi yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang.

Benda-benda dimensi tiga sering juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda dimensi tiga adalah dapat diisi dengan benda – benda tertentu  atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dimensi tiga yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.

  1. Dimensi Empat

Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli menyatakan bahwa dimensi sangat terkait dengan masalah waktu. Sehingga, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai pengertian dimensi dan beberapa jenis dimensi yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Dimensi dan Beberapa Jenisnya | Adzikra Ibrahim |