Pengertian Dokumen Dalam Berbagai Kegiatan

Pekerjaan dan berbagai kegiatan sangat erat kaitannya dengan dokumen. Dokumen tersebut menyimpan berbagai macam informasi menyangkut suatu kegiatan atau pekerjaan. Untuk bisa mengatur dokumen secara tepat, Anda perlu memahami definisi dokumen. Pengertian dokumen lebih lanjut akan dibahas dalam artikel ini. Akan disampaikan beberapa pengertian dokumen menurut beberapa sumber. Informasi dokumen dalam artikel ini akan menambah pengetahuan Anda. Sehingga berikutnya Anda dapat mengorganisir secara tepat suatu dokumen dalam berbagai kegiatan Anda. Organisasi dokumen akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah, selain itu juga mempersingkat pekerjaan Anda. Anda akan dapat melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan tepat sasaran apabila dokumen Anda rapi terstruktur.

Pengertian Dokumen Menurut Bentuk Fisiknya

Pengertian dokumen secara singkat adalah bentuk rekaman yang dapat dijadikan alat bukti. Rekaman tersebut beraneka ragam bentuknya, namun umumnya berupa surat. Bentuk lain dari dokumen misalnya rekaman suara, video, atau notulensi. Dokumen digunakan untuk mendukung keterangan akan suatu keadaan sehingga posisi keadaan lebih meyakinkan. Keberadaan dokumen sangat penting karena terbatasnya kemampuan manusia. Nilai dokumen dapat berarti sangat tinggi sesuai dengan kepentingan informasi yang dibawanya. Salah satu bentuk dokumen yang sangat penting adalah barang bukti kejahatan di pengadilan. Dokumen ini dapat membuat seseorang bebas atau mendekam di penjara selama sisa hidupnya. Dokumen ini juga secara tidak langsung turut menentukan lama hukuman yang bisa dijatuhkan pada seseorang.

Dewasa ini kebutuhan akan dokumen semakin tinggi. Hal tersebut mendorong definisi dokumen terus berkembang. Pengertian dokumen ternyata bisa bervariasi sesuai bentuk fisiknya. Dokumen yang muncul karena dicetak, digambar, ditulis, ataupun direkam disebut dokumen literer. Dokumen ini biasa Anda temui di perpustakaan dalam bentuk majalah dan buku. Jenis yang kedua adalah dokumen korporil. Dokumen yang satu ini berwujud objek bersejarah dan dikumpulkan di situs khusus seperti museum. Contoh dokumen korporil adalah arca dan benda peninggalan sejarah lainnya. Jenis dokumen berikutnya yaitu dokumen privat. Dokumen privat berupa arsip atau surat selayaknya dokumen. Jenis dokumen ini disimpan dalam sistem kearsipan tersendiri. Sistem kearsipan tersebut akan membantu mengorganisir banyaknya dokumen yang disimpan. Sehingga selanjutnya, pengguna dapat dengan mudah mencari dokumen yang dibutuhkan. Sistem kearsipan digital kini sudah sangat masif digunakan di berbagai bidang. Sistem digital untuk mengatur dokumen sangat berguna karena mudah digunakan,efisien, serta hemat tempat.

Penjelasan di atas telah menghantarkan pengertian dokumen yang pastinya cukup menarik untuk diketahui. Harapannya kini Anda dapat mengklasifikasi berbagai dokumen sesuai ruang lingkup dan kebutuhannya. Dalam menyimpan berbagai dokumen tersebut dibutuhkan suatu sistem yang terpadu dan aman. Hal tersebut untuk menjaga kerapian dan kerahasiaan informasi dari dokumen tersebut agar tidak menyebar.

loading...
Pengertian Dokumen Dalam Berbagai Kegiatan | Adzikra Ibrahim |