Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

Pengertiandefinisi.com – Secara umum sebenarnya pengertian efisien ialah perbandingan terbaik antara usaha dan hasil. Jadi dengan usaha yang seminimal mungkin namun bisa menghasilkan output yang banyak, kira-kira seperti itulah gambaran umum mengenai efisien tersebut. Konsep efisien ini kerap diterapkan di perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi baik itu organisasi privat maupun publik. Konsep efisiensi ini amat penting sekali diterapkan pada sebuah organisasi. Hal ini demi memperkecil sumber daya yang digunakan demi mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Jadi dengan tenaga yang seminimal mungkin namun bisa menghasilkan suatu output atau produk yang lebih banyak.  Misal : lebih baik menghasilkan 5 mobil dengan modal 1 milyar daripada menghasilkan 3 mobil dengan modal 1 milyar dengan spesifikasi yang sama. Nah, efisiensi disini berarti dapat memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin untuk menghasilkan produk atau output sebanyak mungkin tanpa mengurangi kualitas dari barang atau output tersebut. Konsep yang selalu mengiringi efisiensi ialah efektivitas. Kiranya kedua konsep tersebut selalu beriringan dalam meningkatkan produktivitas suatu organisasi.

Ada banyak pengertian efisien dari para ahli sebenarnya. Dari semua pengertian yang ada bisa disimpulkan bahwa efisiensi terbagi menjadi dua unsur penting yaitu sumber daya, atau tenaga yang digunakan dan hasil atau output yang dari sumber daya tersebut. Nah dalam mengelola sumber daya menjadi produk tersebutlah yang disebut efisiensi. Efisiensi ini menyangkut mekanisme kerja, sistem penggajian, sistem birokrasi, sistem hirarki dalam organisasi, faktor kepemimpinan, dan masih banyak lagi variabel lainnya yang bisa mempengaruhi efisiensi kerja atau efisiensi organisasi. Telah sedikit disinggung diatas bawa efisiensi tidak berjalan sendiri, ada konsep lain yang juga ikut menyertainya yaitu efektivitas. Nah, efektivitas disini berarti pencapaian tujuan. Bertolak belakang dengan efisiensi yang sangat memperhatikan penghematan dan pemanfaatan sumber daya sebaik mungkin. Efektivitas tidak memperhatikan hal-hal tersebut, yang diperhatikan hanya bagaimana caranya agar organisasi bisa mencapai tujuan dengan modal sebesar apapun dan serumit apapun tujuan harus tetap tercapai. Sedangkan pengertian efisien tidak demikian

Jika kedua konsep ini diterapkan secara berdampingan pada suatu organisasi maka, organisasi bisa meningkatkan produktivitas kerja, dan produktivitas outputnya secara maksimal, yang pada akhirnya pendapatan organisasi atau kinerja organisasi akan semakin meningkat, menjadi lebih mampu bersaing dengan lingkungan dan lain sebagainya. Sebuah organisasi harus mampu bekerja dengan konsep yang efektif dan efisien, efektif disini berarti bisa mencapai tujuan, sedangkan efisien disini perbandingan terbaik antara usaha dan hasil. Jadi sudah jelas kiranya bahwa pengertian efisien menitikberatkan pada dua hal yaitu sumber daya ( input) dan hasil (output). Bagaimana input tersebut diproses sebaik mungkin untuk menghasilkan output yang berkualitas dengan kuantitas yang besar juga.

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |