Pengertian Emosi dan Beberapa Jenis-jenisnya

Pengertian Emosi – Setiap orang di dunia pasti sudah mengenal dan pernah mengalami istilah yang satu ini. Emosi merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan reaksi alamiah yang timbul pada seseorang sebagai dampak terjadinya perubahan tertentu di sekitarnya. Rasa emosi pada manusia dapat berupa emosi positif (emosi yang baik) dan emosi negatif (emosi yang buruk).

Definisi dan Pengertian Emosi

Pada dasarnya, kata emosi berasal dari bahasa latin yaitu kata ‘movere’ yang artinya bergerak atau pun menggerakkan yang dibubuhi awalan kata ‘e’ yang artinya menjauh. Jika diartikan dari dasar susunan katanya, maka kata emosi dapat diartikan sebagai sebuah gejala pergerakan menjauh.

Menurut Wikipedia, pengertian emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau pun sesuatu. Selain itu, emosi juga dapat diartikan sebagai reaksi yang timbul akibat perbuatan seseorang atau pun kejadian tertentu.

Jenis-jenis Emosi dalam Kehidupan Manusia

  1. Rasa Cinta

Emosi rasa cinta merupakan emosi yang mengikat perasaan seseorang dengan orang lain, benda, masyarakat, atau pun lingkungan tempat tinggalnya. Emosi rasa cinta termasuk ke salam emosi positif yang dapat melahirkan motivasi yang tinggi.

  1. Rasa Benci

Emosi rasa benci merupakan kebalikan dari emosi rasa cinta. Emosi benci akan memutuskan perasaan seseorang kepada orang lain dan dapat menurunkan motivasi seseorang terhadap aktivitas atau pun kegiatan tertentu.

  1. Rasa Takut

Emosi rasa takut merupakan emosi yang timbul di saat – saat genting sebagai dampak dari permasalahan yang terjadi secara tiba – tiba. Rasa takut dapat menimbulkan rasa percaya diri, atau pun rasa bahagia ketika apa yang ditakutkan tidak benar – benar terjadi.

  1. Rasa Malu

Rasa malu merupakan emosi yang timbul sebagai dampak adanya rasa takut atau pun rasa menyesal karena akan atau pun telah melakukan perbuatan yang tidak etis atau pun tidak umum dilakukan oleh orang lain.

  1. Rasa Dengki

Rasa dengki merupakan emosi yang timbul sebagai dampak adanya rasa iri terhadap apa yang dimiliki oleh orang lain. Rasa ini biasanya dirasakan karena tingginya rasa cinta terhadap apa yang dimiliki oleh orang laing, namun tidak berhasil dimiliki oleh diri sendiri.

  1. Rasa Marah

Rasa Marah merupakan emosi yang timbul ketika apa yang diharapkan tidak terjadi atau pun terhambat oleh berbagai macam kondisi tertentu. Rasa marah merupakan salah satu bentuk emosi negatif yang sebaiknya dihindari atau pun dikendalikan.

  1. Rasa Cemburu

Rasa cemburu merupakan emosi yang membuat seseorang merasa gelisah sebagai dampak adanya perebutan rasa cinta terhadap suatu objek tertentu. Rasa cemburu biasanya melahirkan persaingan dan motivasi untuk memberikan nilai lebih terhadap apa yang dicintai.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian emosi dan jenis – jenisnya yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Emosi dan Beberapa Jenis-jenisnya | Adzikra Ibrahim |