Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika

Pengertian Frekuensi – Berbicara mengenai frekuensi, satu hal yang paling penulis ingat adalah masalah radio. Ya, radio merupakan salah satu alat yang memanfaatkan frekuensi gelombang sebagai media penghantar suara.

Pada dasarnya, setiap orang selalu berhadapan dengan istilah frekuensi setiap saat dimanapun ia berada. Frekuensi suara misalnya, aktivitas mendengar yang dilakukan oleh manusia merupakan hasil keluaran dari frekuensi suara yang diterima oleh organ telinga.

Sayangnya, meskipun digunakan setiap saat, masih banyak orang yang tidak mengetahui arti kata frekuensi yang sebenarnya. Banyak orang yang pernah mendengar istilah frekuensi, namun tidak mengetahui arti atau pun maknanya. Bahkan beberapa orang tertentu ada yang benar – benar tidak pernah mendengar istilah frekuensi sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya frekuensi itu?

Definisi dan Pengertian Frekuensi

Istilah frekuensi pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “frequency” yang artinya ukuran jumlah atau pun tingkat keseringan. Frekuensi dalam kehidupan sehari – hari sering digunakan untuk menggambarkan tingkat keseringan penggunaan tertentu (frekuensi keramas menggunakan shampo misalnya, menggambarkan tingkat keseringan menggunakan shampo).

Dalam dunia fisika sendiri, pengertian frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu satuan waktu atau pun jumlah gelombang listrik yang dihasilkan dalam satu satuan waktu tertentu. Dalam dunia fisika, frekuensi biasanya sangat terkait dengan permasalahan suara dan permasalahan media penghantar komunikasi seperti radio, telepon, televisi dan berbagai macam media komunikasi.

Menurut Wikipedia, frekuensi merupakan ukuran jumlah putaran ulang tiap peristiwa atau pun kejadian dalam satu satuan waktu yang diberikan.

Jenis – jenis Frekuensi di Dunia Fisika

  1. Frekuensi Radio

Frekuensi radio merupakan frekuensi yang mengacu kepada spektrum elektromagnet yang dapat dihasilkan dari pemberian arus bolak – balik menuju antena. Frekuensi radio dapat digunakan untuk mengirimkan pesan suara melalui gelombang udara layaknya frekuensi audio.

Frekuensi radio hingga saat ini dapat dibagi menjadi dua jenis frekuensi yaitu frekuensi radio AM dan frekuensi radio FM.

  1. Frekuensi Audio

Frekuensi audio yang sering juga disebut dengan frekuensi suara merupakan getaran frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia. Frekuensi ini memiliki standar geratan sekitar 20 hingga 20 ribu Hz.

Frekuensi audio dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu frekuensi infrasonik, frekuensi audible, dan fekuensi ultrasonik. Frekuensi infrasonik merupakan frekuensi audio dengan tingkat getaran sekitar 0 hingga 20 Hz, sedangkan frekuensi audible merupakan frekuensi audio dengan tingkat getaran 20 hingga 20 ribu Hz, dan frekuensi ultrasonik merupakan frekuesni audio dengan tingkat getaran di atas 20 ribu Hz.

Nah, itulah gambaran singkat mengenai pengertian frekuensi dan jenis – jenis frekuensi di dunia fisika yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Frekuensi dan Jenis-jenis Frekuensi di Dunia Fisika | Adzikra Ibrahim |