Pengertian Gempa Bumi dan Jenis – jenis Gempa Bumi

Pengertian Gempa Bumi – Gempa bumi merupakan salah satu bentuk bencana alam yang dapat membahayakan keberlangsungan hidup manusia di muka bumi. Gempa bumi dapat mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan juga menelan korban jiwa baik manusia maupun organisme makhluk hidup lainnya.

Gempa bumi dapat terjadi karena beberapa macam hal seperti gunung meletus, pergeseran lempengan tektonik, longsor, atau pun karena penggunaan berbagai macam benda yang dapat menimbulkan ledakan.

Semakin besar skala atau pun ukuran penyebab gempa bumi, maka semakin besar pula goncangan gempa bumi yang dapat ditimbulkannya. Dan semakin besar goncangan yang terjadi, maka semakin besar pula tingkat kerusakan infrastruktur yang mungkin ditimbulkannya.

Definisi dan Pengertian Gempa Bumi

Istilah gempa bumi pada dasarnya berasal dari dua kata yaitu kata gempa yang artinya guncangan atau pun getaran, dan kata Bumi yang merupakan nama planet yang kita tinggali. Jika diartikan dari pembentuk frasa katanya, maka gempa bumi merupakan guncangan tidak wajar yang terjadi di muka bumi karena berbagai macam hal tertentu.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian gempa bumi adalah goncangan atau pun getaran yang terjadi sebagai dampak adanya pergeseran atau pun pergerakan lapisan batu bumi yang ada di dasar atau pun di bagian bawah permukaan bumi.

Jenis – jenis Gempa Bumi

Jika dilihat dari penyebabnya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi empat jenis gempa bumi, yaitu :

  1. Gempa Bumi Vulkanik (Gunung Api)

Gempa bumi vulkanik merupakan gempa bumi yang terjadi sebagai dampak terjadinya letusan gunung berapi. Gempa bumi vulkanik biasanya terjadi sesaat sebelum larva gunung berapi keluar dari dalam perut bumi. Jenis gempa bumi vulkanik merupakan salah satu jenis gempa yang dapat diprediksi.

  1. Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang terjadi sebagai dampak terjadinya pergeseran lempengan tektonik secara tiba – tiba. Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang paling dahsyat dan tidak dapat diprediksi kedatangannya / waktu terjadinya.

  1. Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan merupakan gempa bumi yang terjadi sebagai dampak terjadinya longsor / runtuhnya daerah kapur yang ada di sekitar wilayah pertambangan. Sama seperti gempa bumi tektonik, gempa bumi runtuhan biasanya tidak dapat diprediksi waktu terjadinya. Akan tetapi tingkat goncangan yang ditimbulkan dari gempa bumi cenderung jauh lebih kecil dibandingkan dengan dua gempa bumi yang sebelumnya.

  1. Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan merupakan gempa bumi yang terjadi karena ulah manusia baik yang disengaja atau pun yang tidak disengaja. Gempa bumi buatan dapat terjadi karena penggunaan dinamit, bom, atau pun berbagai macam alat peledak lainnya. Tidak hanya itu, gempa bumi buatan juga dapat terjadi tanpa disengaja yaitu ketika ada ledakan dahsyat yang terjadi karena kecelakaan.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian gempa bumi yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Gempa Bumi dan Jenis – jenis Gempa Bumi | Adzikra Ibrahim |