Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak

Pengertian Gerak – Gerak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perpindahan yang terjadi pada suatu benda terhadap benda lainnya. Suatu benda hanya dapat dikatakan bergerak apabila benda tersebut berpindah tempat atau pun berubah posisinya. Perpindahan tempat atau pun perubahan posisi sendiri biasanya dilihat menggunakan acuan tertentu. Jika sebuah benda tidak mengalami perubahan posisi terhadap benda acuan, maka benda tersebut tidak dapat dikatakan bergerak terhadap benda acuannya. Meskipun begitu, benda tersebut mungkin saja bergerak terhadap benda acuan yang lain. Misalnya orang yang menaiki mobil dai kota A ke kota B (orang tidak bergerak terhadap mobil, tetapi bergerak terhadap kota A).

Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

  1. Kamajaya

Menurut Kamajaya, gerak merupakan sebuah kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.

  1. Ruslan Tri S & Cahyo W

Menurut Ruslan Tri S & Cahyo W. Pengertian gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau pun terhadap titik acuan tertentu.

  1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gerak merupakan suatu peralihatn tempat atau pun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.

  1. Ilmu Biologi

Dalam ilmu Biologi, gerak merpakan salah satu cara merespon rangsangan yang diterima. Gerak merupakan salah satu karakteristik atau pun ciri makhluk hidup yang akan tampak ketika makhluk hidup tersebut diberi rangsangan.

  1. Ilmu Fisika

Dalam Ilmu Fisika, gerak merupakan proses perpindahan suatu benda terhadap benda lainnya dari satu tempat acuan ke tempat lainnya.

  1. Sri Murtono

Menurut Sri Murtono, pengertian gerak adalah berpindahnya tempat atau pun posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.

  1. Efrizon Umar

Menurut Efrizon Umar, gerak merupakan perubahan keudukan atau pun posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.

  1. J. Untoro

Menurut J. Untoro, gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.

Macam – macam Gerak

  1. Gerak Semu

Jenis gerak yang pertama adalah gerak semu. Gerak semu adalah gerak yang tidak benar – benar terjadi atau pun hanya gerakan semu belaka (ilusi).

  1. Gerak Ganda

Jenis gerak yang kedua adalah gerak ganda. Gerak ganda merupakan gerak yang terjadi secara bersamaan pada dua atau lebih benda.

  1. Gerak Lurus

Jenis gerak yang ketiga adalah gerak lurus. Gerak lurus merupakan gerak yang terjadi melalui lintasan lurus atau pun garis lurus. Jenis gerak ini dapat dibagi menjadi dua macam gerak, yaitu :

  • Gerak Lurus Beraturan – Gerak lurus beraturan merupakan gerak lurus yang terjadi dengan kecepatan yang konstan atau pun stabil (tidak berubah sama sekali).
  • Gerak Lurus Berubah Beraturan – Gerak lurus berubah beraturan merupakan gerak lurus yang terjadi dengan kecepatan yang berubah – ubah atau pun tidak konstan.

Itulah beberapa pengertian gerak beserta dengan macam – macam gerak yang ada di dunia. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak | Adzikra Ibrahim |