Pengertian Global Warming dan Penyebab Terjadinya Global Warming

Pengertian Global Warming – Mendengar istilah global warming, hal pertama yang muncul di pikiran penulis adalah permasalahan kerusakan alam. Ya, global warming memang sangat terkait dengan fenomena rusaknya beberapa komponen alam yang mengakibatkan peningkatan suhu di permukaan bumi.

Istilah global warming yang di Indonesia disebut dengan pemanasan global pada dasarnya disebabkan oleh berbagai macam aktivitas manusia yang dilakukan secara sadar atau pun tidak sadar, yang dapat merusak berbagai macam komponen penting yang dapat mencegah terjadinya peningkatan suhu Bumi. Beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan pemanasan global yaitu : penggunaan rumah kaca, penggunaan bahan bakar secara berlebihan, dll.

Definisi dan Pengertian Global Warming

Pada dasarnya istilah Global Warming berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata Global yang dapat artinya sedunia atau pun sejagad, dan kata Warming yang artinya pemanasan atau pun peningkatan panas. Jika diartikan dari asal katanya, maka global warming adalah pemanasan yang terjadi di seluruh bagian jagad raya / Bumi.

Menurut pendapat beberapa ahli sendiri, pengertian Global Warming adalah peningkatan temperatur rata – rata yang terjadi di daratan, lautan dan atmosfer / udara jagad raya Bumi. Global warming dapat menyebabkan cuaca ekstrim dan juga naiknya permukaan air laut yang mengganggu keseimbangan ekosistem alam.

Penyebab Global Warming

Secara umum, pemanasan global atau pun global warming disebabkan oleh tiga fenomena alam berikut ini :

  1. Efek Rumah Kaca

Penyebab global warming yang pertama adalah fenomena efek rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan fenomena alam yang terjadi sebagai dampak penggunaan berbagai macam benda yang dapat memantulkan sinar matahari kembali menuju ke atmosfer. Ketika efek rumah kaca terjadi secara berkepanjangan, lapisan ozon yang berfungsi sebagai salah satu penghalang sinar Matahari menjadi semakin tipis sehingga intensitas sinar Matahari yang diterima bumi menjadi semakin besar, dan dampaknya bumi pun menjadi semakin panas.

  1. Efek Umpan Balik

Penyebab global warming yang kedua adalah fenomena efek umpan balik. Efek umpan balik merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi akibat terjadinya efek rumah kaca secara berkepanjangan. Ketika efek umpan balik terjadi, penguapan uap air dan karbon dioksida menuju ke udara menjadi semakin meningkat sehingga suhu bumi secara otomatis terasa jauh lebih panas dari pada biasanya.

  1. Variasi Matahari

Penyebab global warming yang terakhir adalah variasi Matahari. Variasi Matahari merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi akibat efek umpan balik yang berkepanjangan. Ketika variasi Matahari berlangsung, intensitas sinar Matahari yang dialirkan ke Bumi menjadi semakin tinggi sehingga Bumi pun menjadi terasa semakin panas.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian global warming beserta dengan penyebab terjadinya global warming yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Global Warming dan Penyebab Terjadinya Global Warming | Adzikra Ibrahim |