Pengertian Ideologi Pancasila, Ideologi Negara Indonesia

Pancasila merupakan falsafah bangsa yang harus benar-benar dihayati oleh semua rakyat Indonesia. Falsafah negara ini dijadikan dasar ideologi bagi bangsa Indonesia untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Lalu, apa pengertian ideologi Pancasila? Dalam hal ini, kita bisa menguraikannya per kata terlebih dahulu. Ideologi berasal dari kata “idea” yang berarti cara berpikir dan “logos” yang berarti ilmu. Secara sederhana, ideologi bisa diartikan sebagai cara berpikir yang dijadikan pedoman hidup. Sementara pancasila adalah lima sila yang dijadikan dasar hidup bangsa Indonesia. Lima sila tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Menghayati Pengertian Ideologi Pancasila

Jika kita memberikan pengertian yang sederhana, ideologi pancasila bisa diartikan sebagai sekumpulan nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila. Pancasila dirumuskan dalam lima sila yang menjadi landasan hidup bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia

Seorang ahli memberikan pengertian ideologi Pancasila sebagai tatanan nilai yang didapat melalui proses kristalisasi dari nilai dasar bangsa Indonesia. Kelima sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan utuh sehingga pemahamannya harus diresapi secara keseluruhan. Sementara itu, ketahanan ideologi dapat diartikan sebagai kondisi dinamis kehidupan ideologi masyarakat Indonesia. Pancasila adalah dasar yang di dalamnya mengandung kekuatan secara nasional dalam mengatasi segala tantangan, hambatan, ancaman, dan gangguan yang menimpa bangsa Indonesia.

Untuk mewujudkan bangsa yang dinamis dengan landasan berpikir yang sama, masyarakat Indonesia dituntut mampu menghayati nilai-nilai dalam pengertian ideologi Pancasila. Dalam hal ini, diperlukan langkah pembinaan yang objektif demi meningkatkan ketahanan ideologi bangsa. Langkah pembinaan tersebut bisa dilakukan dengan menanamkan pengalaman Pancasila baik secara objektif maupun subjektif. Selanjutnya, Pancasila sebagai ideologi yang terbuka harus selalu direlevansikan sekaligus diaktualisasikan sehingga mampu membimbing dan juga mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain Pancasila, warga Indonesia harus ingat bahwa bangsa kita memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti bersatu dalam segala keberagaman budaya. Semboyan ini harus terus dikembangkan menjadi karakter masyarakat di tengah bangsa yang majemuk. Semboyan ini termasuk perwujudan dari Pancasila. Pengertian konsep ideologi pancasila dan pemahamannya secara menyeluruh adalah modal utama dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter.

Ideologi Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa yang telah memahami kondisi Indonesia. Mereka telah memutuskan ideologi seperti apa yang dapat membangun negara menjadi lebih baik. Dalam pengertian ideologi pancasila, kita harus memahami nilai-nilai yang luhur dan budaya religius yang ada pada bangsa kita. Lima sila yang telah disebutkan di atas harus benar-benar dipahami sebagai seorang warga negara yang baik dan mencintai negerinya.

loading...
Pengertian Ideologi Pancasila, Ideologi Negara Indonesia | Adzikra Ibrahim |