Pengertian Ilmu Komunikasi Terbaru

Pengertiandefinisi.com – Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa pengertian ilmu komunikasi bisa membaca beberapa buku tentang komunikasi. Secara umum komunikasi sendiri diartikan sebagai kebutuhan dasar bagi setiap individu. Komunikasi secara verbal atau lisan terjadi saat anda melakukan kontak lisan dengan orang lain karena ada yang ingin disampaikan. Untuk istirlah komunikasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu communication. Secara etimologis berarti miliki bersama atau membagi yang merupakan adanya proses untuk membangun pengertian dan kebersamaan. Komunikasi biasa diartikan sebagai suatu proses dimana ketika seseorang denga orang lain akan menyampaikan informasi yang bersifat penting agar dapat tersambung kepada pihak sekitar. Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangatlah penting untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain, manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya komunikasi.

Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Para Ahli

Memang banyak sekali yang mendefinisikan komunikasi oleh para ahli namun kali ini ada salah satu pakar yang akan menjelaskan komunikasi yaitu proses dimana adanya pihak yang akan menggunakan informasi untuk mencapai tujuan bersama-sama dan komunikasi akan memiliki kaitan hubungan erat oleh penerus rangsangan dan pembangkit balasannya. Dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan sekali komunikasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Dalam penyampaian pesan haruslah tepat dan sesuai dengan yang disampaikan. Berkomunikasilah dengan baik dan benar usahakan jangan sampai membuat orang lain sakit hati karena anda salah bicara.

Namun ada beberapa opini yang berpendapat mengenai pengertian ilmu komunikasi menurut Anwar Arifin, komunikasi merupakan suatu konsep yang berdasarkan multi makna. Untuk makna tersebut dapat dibedakan dari proses sosial komunikasinya yang terdapat dalam konteks ilmu sosial. Secara umum pendekatan komunikasi lebih berfokus kepada kegiatan manusia dan perilaku yang mereka lakukan. Komunikasi memang akan berjalan jika adanya gerakan atau kegiatan yang akan dilakukan oleh manusia, apapun kegiatannya pasti akan ada komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa komunikasi menurut David K. Berlo merupakan instrumen karena adanya interaksi sosia yang dapat berguna bagi sebagian orang untuk memprediksi dan mengetahui setiap kegiatan orang lain, serta juga dapat mengetahui keberadaan sendiri untuk menciptakan keseimbangan di dalam masyarakat.

Ada juga yang berpendapat tentang komunikasi menurut Bernard Berelson dan Gary A Stainer merupakan transmisi-transmisi, gagasan, emosi, serta keterampilan dengan menggunakan simbol-simbol sebagai ciri khas dari transmisi komunikasi. Tindakan seperti itulah yang disebut komunikasi. Komunikasi sendiri merupakan hal yang semua orang bisa lakukan. Pengertian ilmu komunikasi menurut pendapat para ahli diatas bisa anda jadikan sebagai acuan untuk suatu pembelajaran. Jangan lupa untuk selalu mengolah kata ejaan yang baik dan benar agar dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Pengertian Ilmu Komunikasi Terbaru | Adzikra Ibrahim |