Pengertian Kebutuhan dan Beberapa Macam Kebutuhan Hidup Manusia

Pengertian Kebutuhan – Kebutuhan hidup manusia merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai macam benda yang diperlukan manusia untuk dapat bertahan hidup. Kebutuhan manusia sangat beragam bentuknya, dan berbeda antara satu manusia dengan manusia lainnya. Kebutuhan hidup seorang petani misalnya, akan jauh berbeda dengan kebutuhan hidup seorang pekerja kantoran atau pun seorang polisi.

Definisi dan Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan pada dasarnya berasal dari kata “butuh” yang artinya perlu, penting, dan juga ketergantungan. Jika diartikan dari dasar katanya, maka arti kata kebutuhan adalah setiap hal yang diperlukan orang lain dalam sebuah kegiatan tertentu.

Menurut beberapa ahli sendiri, pengertian kebutuhan adalah setiap hal yang timbul secara naluriah, yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dan menjalankan berbagai macam aktivitas.

Macam-macam Kebutuhan Hidup Manusia

  1. Berdasarkan Intensitas Kebutuhan

Kebutuhan Primer – Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama manusia. Kebutuhan ini sering juga disebut dengan istilah kebutuhan fisiologis. Secara singkat, kebutuhan primer dapat digolongkan ke dalam tiga hal yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

Kebutuhan Sekunder – Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua yang perlu dipenuhi manusia setelah seluruh kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder biasanya berbentuk kebutuhan dasar lainnya seperti kebutuhan akan kesehatan, kebutuhan akan kebersihan, dan kebutuhan akan pendidikan.

Kebutuhan Tersier – Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan manusia akan barang-barang mewah. Beberapa contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan manusia yaitu kebutuhan akan rumah mewah, kebutuhan akan asuransi kesehatan, kebutuhan akan mobil mewah, kebutuhan akan wisata mahal, dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

  1. Berdasarkan Sifatnya

Kebutuhan Jasmani – Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan manusia yang terkait dengan fisik/raga. Beberapa contoh kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan akan makan, minum, pakaian, olah raga, dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Kebutuhan Rohani – Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan untuk menenangkan jiwa/batin. Beberapa contoh kebutuhan rohani yaitu ibadah, liburan, membaca buku, dll.

  1. Berdasarkan Waktunya

Kebutuhan Sekarang – Kebutuhan sekarang merupakan setiap kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga.

Kebutuhan yang Akan Datang – Kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya pemenuhannya dapat ditunda hingga batas waktu tertentu.

Kebutuhan Tidak Terduga – Kebutuhan tidak terduga merupakan kebutuhan yang waktu datangnya tidak terduga atau pun tiba-tiba.

  1. Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan

Kebutuhan Individu – Kebutuhan individu merupakan setiap kebutuhan yang hanya digunakan untuk perorangan (hanya dipakai untuk kepentingan satu orang saja).

Kebutuhan Kelompok – Kebutuhan kelompok merupakan setiap kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan kelompok.

Demikianlah sedikit tulisan yang berjudul pengertian kebutuhan dan beberapa macam kebutuhan hidup manusia. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Kebutuhan dan Beberapa Macam Kebutuhan Hidup Manusia | Adzikra Ibrahim |