Pengertian Kelangkaan dan Beberapa Penyebab Timbulnya Kelangkaan

Apa yang pertama kali muncul di benak Anda saat mendengar kata “kelangkaan”? Pasti beberapa berpikiran tentang sesuatu hal yang jumlahnya sudah sangat minim sehingga susah untuk ditemukan. Gagasan tersebut memang tidak sepenuhnya salah namun apakah Anda tahu pengertian kelangkaan yang sebenarnya? Ada banyak sekali contoh yang dapat menggambarkan bagaimana situasi dari kelangkaan contohnya seperti kelangkaan kedelai impor, kelangkaan tabung gas isi ulang ukuran 3 kg, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan beberapa contoh tersebut mampu memberikan sedikit gambaran mengenai apa arti sebenarnya dari sebuah kelangkaan.

Apa itu pengertian kelangkaan? Apa penyebab dari timbulnya kelangkaan?

Pengertian kelangkaan dapat diartikan sebagai sebuah situasi dimana jumlah dari suatu sumber daya baik barang maupun jasa mengalami penurunan jumlah yang mengakibatkan tidak cukupnya sumber daya baik itu barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan manusia. Memang bukan lagi hal yang tabu jika kebutuhan baik itu berupa barang atau jasa selalu bertambah banyak dari hari ke hari. Bertambah banyak yang dimaksud tidak hanya dari segi jumlah tetapi bisa juga mengenai ragam, jenis, dan juga kualitas dari barang dan jasa tersebut. Jadi, kelangkaan tidak hanya terpaut pada jumlah saja namun bisa juga berupa kualitas seperti kelangkaan sumber daya manusia yang berprestasi.

Menurut para ahli ekonomi, sebenarnya ada dua macam arti keterbatasan dalam hal kelangkaan. Terbatas yang dimaksud yakni terbatas karena pengorbanan yang dilakukan tidak sebanding dengan apa yang akan diperoleh dan terbatas karena jumlahnya tidak cukup mencukupi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang selalu berubah-ubah dan selalu bertambah menjadi salah satu pemicu munculnya kelangkaan yang terjadi. Kelangkaan yang sering terjadi akibat kurangnya suatu barang atau jasa biasanya berupa keterbatasan sumber daya baik itu sumber daya alam berupa air, tanah, dan hutan maupun sumber daya lain seperti sumber daya modal, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Selain tahu mengenai pengertian kelangkaan, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab dari munculnya hal tersebut.

Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kelangkaan di beberapa daerah untuk suatu barang atau jasa tertentu. Penyebab utama dari munculnya sebuah kelangkaan adalah laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dan tidak sebanding dengan pertumbuhan produksi suatu barang atau jumlah sumber daya alam yang ada. Penyebab lain yang juga menyebabkan munculnya kelangkaan adalah kurangnya tenaga ahli dalam menangani beberapa bidang tertentu yang tentunya mengakibatkan langkanya suatu barang atau jasa. Selain itu, beberapa orang yang serakah dan suka menimbun sendiri sebuah barang juga dapat memicu timbulnya kelangkaan. Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian kelangkaan dan faktor penyebabnya. Dengan banyaknya kekayaan sumber daya yang dimiliki, alangkah baiknya jika dijaga sebaik mungkin.

loading...
Pengertian Kelangkaan dan Beberapa Penyebab Timbulnya Kelangkaan | Adzikra Ibrahim |