Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Kepemimpinan atau leadership merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh seseorang. Para pemimpin yang berjiwa leadership bukanlah orang yang mempunyai pengalaman yang sangat besar, namun seorang pemimpin yang pandai menghargai pengalaman baik sekecil apapun pengalamannya. Baik anda seorang pemimpin maupun bukan, baiknya anda tetap mempunyai jiwa kepemimpinan karena suatu saat akan sangat berguna, untuk memahami mengenai kepemimpinan, baiknya kita mengetahui Pengertian Kepemimpinan secara umum dan menurut para ahli.

Menurut Ordway Tead (1929), Pengertian Kepemimpinan adalah perpaduan perangai yang memungkinkan seseorang mampu mendorong pihak lain untuk menyelesaikan tugasnya. Menurut Rauch & Behling (1984), kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas-aktifitas sebuah kelompok organisasi ke arah pencapaian tujuan. Menurut John W. Gardner (1990) kepemimpinan adalah proses pemujukan dimana setiap individu merangsang kumpulannya untuk meneruskan objektif yang ditetapkan oleh pemimpin dan dikongsi bersama oleh pemimpin dan pengikutnya. Menurut Sutarto (1998), kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Menurut Waxley dan Yuki (1977) kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk lebih berusaha mengarahkan tenaga dalam tugasnya atau merubah tingkah laku mereka.

Pengertian Kepemimpinan menurut sebagian parah ahli sudah dijabarkan diatas, sekarang bagaimana dengan Pengertian Kepemimpinan secara umum? Secara umum, kepemimpinan adalah suatu kekuatan atau proses memengaruhi oleh pemimpin kepada pengikutnya guna tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan. Menjadi seorang pemimpin yang berjiwa leadership itu tidak semudah membalikan tangan, seorang pemimpin harus mempunyai prinsip-prinsip tertentu yang disebut dengan prinsip kepemimpinan, adapun beberapa prinsip kepemimpinan adalah,

  1. Menjadi teladan yang baik dan patut dicontoh
  2. Rasa tanggung jawab yang baik
  3. Berani mengambil keputusan dan bersedia menerima resiko
  4. Menciptakan kerjasama yang baik antarsesama

Tugas seorang pemimpin sendiri menurut James A.F Stonen adalah pemimpin bekerja dengan orang lain, pemimpin bersifat tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan, pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas, pemimpin berpikir secara analitis dan konseptual, seorang mediator, seorang politisi dan diplomat, dan pemimpin membuat keputusan yang sulit dan dapat memecahkan masalah. Lalu, apa bedanya pemimpin dengan manager? Jelas berbeda, dari Pengertian Kepemimpinan dan pengertian manager saja sudah berbeda. Pengertian manager sendiri adalah seseorang yang berwatak pelaksana administratif, cenderung meniru, hanya menjaga dan memelihara, berfokus pada sistem dan struktur, berpandangan jangka pendek, bertanya bagaimana dan bilamana, memusatkan kepada target bottom-line, tak lebih sebagai prajurit yg tertib dan melakukan sesuatu dengan benar (to do the things right) (Warren Bennis, 1999). Sedangkan, pemimpin adalah sosok yang inovatif, original, mempunyai pengembangan berfokus pada manusia, berpandangan jangka panjang, bertanya apa dan mengapa, memusatkan pada VISI jangka panjang, melakukan sesuatu yang atau cara benar (to do the right things) (Warren Bennis, 1999). Berbeda bukan?

Menurut Henry Mintzberg, pemimpin berperan sebagai pembangun tim, pelatih, direktur, dan mentor konsultasi. Pemimpin juga berperan sebagai monitoring, penyebar informasi, dan juru bicara. Pemimpin adalah si pembuat keputusan, berfungsi sebagai penanganan gangguan, sumber alokasi, dan negosiator. Untuk berperan seperti yang telah dijabarkan diatas, seorang pemimpin berkewajiban mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, dengan mempunyai jiwa leadership yang baik dan berpedoman pada Pengertian Kepemimpinan, tentu saja suatu organisasi tersebut akan sejahtera, baik, dan tujuan organisasi tercapai.

loading...
Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |