Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan salah satunya dalam bidang bisnis. Pengertian komunikasi bisnis secara umum ialah pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih dengan bahasa yang sepakat dipahami oleh bersama dalam bidang bisnis. Komunikasi yang baik dapat menunjang keberhasilan suatu bisnis.

Komunikasi dianggap berhasil jika tujuan yang ingin disampaikan komunikator (penyampai pesan) diterima dengan baik oleh komunikan (penerima pesan) tanpa adanya misunderstanding (kesalahpahaman). Oleh karena itu bahasa yang digunakan harus sama-sama dipahami baik oleh kedua pihak agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana.

Pengertian dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Beberapa ahli menyampaikan pendapat yang berbeda mengenai pengertian komunikasi bisnis. Akan tetapi pada hakikatnya adalah sama. Rosenbalt berpendapat bahwa komunikasi ialah proses pertukaran gagasan, informasi, pesan dan lain-lain antara dua orang atau lebih dengan menggunakan media sinyal atau tanda tertentu untuk mencapai satu tujuan. Sinyal atau tanda yang diberikan oleh komunikator harus dimengerti oleh komunikan dan timbal balik dari komunikan juga harus dimengerti oleh komunikator.

Sedangkan menurut Djoko Purwanto pengertian komunikasi bisnis adalah hubungan dalam bisnis dalam berbagai bentuk baik verbal maupun non verbal untuk mencapai satu tujuan. Hubungan verbal dilakukan melalui lisan dan hubungan non verbal diperantarai oleh media tulisan seperti surat, memo, dan sebagainya.

Hunghess dan Kapoor menyampaikan pendapat yang berbeda. Menurut mereka komunikasi bisnis dilakukan oleh perusahaan individu yang diatur dengan baik untuk menjual barang dan jasa serta menghasilkan keuntungan. Dengan komunikasi bisnis suatu perusahaan dapat mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumennya secara keseluruhan.

Berdasarkan pengertian komunikasi bisnis di atas dapat disimpulkan terdapat tiga tujuan utama dalam komunikasi bisnis, yaitu informing, persuading, dan colaborating. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang telah mencapai ketiga tujuan tersebut. Berikut ini tujuan utama dari komunikasi bisnis.

  1. Informing

Tujuan yang pertama ialah informing atau memberikan informasi. Dengan komunikasi bisnis sebuah perusahaan dapat menyampaikan informasi mengenai informasi perusahaan tersebut kepada klien dan konsumennya agar tertarik pada perusahaan tersebut. Dapat dikatakan pula bahwa proses pemberian informasi ini merupakan salah satu teknik pemasaran agar perusahaan lebih dikenal dan barang atau jasanya dapat diterima dengan baik.

  1. Persuading

Tujuan yang kedua ialah persuading atau memberikan persuasi. Persuading ini bertujuan agar terjadi pertukaran pendapat, gagasan, ide, atau informasi diantara kedua belah pihak untuk mencapai satu tujuan. Persuasi dibutuhkan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam bisnis. Maka dalam hal ini kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan.

  1. Collaborating

Tujuan akhir dari komunikasi bisnis ialah collaborating atau melakukan kolaborasi atau kerja sama. Setelah memberikan informasi yang jelas mengenai perusahaan dan melakukan negosiasi atau pertukaran dengan perusahaan lain atau konsumen dapat terjalin kerja sama.

Jika proses komunikasi dilakukan dengan baik ketiga tujuan dari komunikasi bisnis tersebut dapat dicapai. Setelah 3 tujuan tersebut tercapai maka kepercayaan klien dan konsumen terhadap perusahaan dapat terbangun. Semakin tinggi kepercayaan yang diberikan terhadap suatu perusahaan, semakin besar pula kesempatan untuk menjalin kerja sama dan semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan. Pengetahuan mengenai pengertian komunikasi bisnis dan tujuan yang dapat dicapai dengan komunikasi yang baik tersebut harus dimiliki oleh pemimpin perusahaan agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan karyawan, klien, maupun konsumennya.

loading...
Pengertian Komunikasi Bisnis Beserta Tujuannya | Adzikra Ibrahim |