Pengertian Konsumsi, Tujuan Aktivitas Konsumsi, dan Ciri-cirinya

Pengertian Konsumsi – Konsumsi merupakan salah satu aktivitas harian setiap manusia. Setiap harinya, manusia selalu melakukan aktivitas konsumsi baik secara sadar atau pun secara tidak sadar. Makan, minum, berkendara, tidur, menulis, membaca, sekolah, semuanya merupakan aktivitas atau pun kegiatan konsumsi yang setiap hari dilakukan manusia.

Meskipun sering dilakukan, nyatanya masih ada saja manusia yang tidak mengetahui arti kata konsumsi yang sebenarnya. Hal ini tentunya merupakan hal yang agak aneh mengingat kita selalu melakukannya di aktivitas keseharian kita.

Lantas apa sih sebenarnya konsumsi itu?

Definisi dan Pengertian Konsumsi

Pengertian konsumsi adalah setiap aktivitas yang sengaja dilakukan untuk menghabiskan nilai guna / manfaat suatu barang yang dilandasi oleh adanya kebutuhan atau pun keinginan, dalam rangka menjalankan aktivitas untuk mempertahankan kehidupan.

Tujuan Aktivitas Konsumsi

  1. Memenuhi Kebutuhan

Tujuan aktivitas konsumsi yang pertama untuk memenuhi kebutuhan. Seperti yang kita ketahui bersama, setiap makhluk hidup membutuhkan berbagai macam benda / hal untuk bisa bertahan hidup. Butuh makan misalnya, dengan mengonsumsi makanan, maka kebutuhan hidup manusia akan terpenuhi secara otomatis.

  1. Memenuhi Keinginan

Tujuan aktivitas konsumsi yang kedua adalah untuk memenuhi keinginan. Setelah semua kebutuhan dasar hidupnya terpenuhi, manusia biasanya memiliki berbagai macam keinginan. Butuh makan atau ingin bakso misalnya. Nah, dengan mengonsumsi bakso, maka keinginan untuk makan bakso dapat terpenuhi.

  1. Mengurangi Nilai Guna Barang

Tujuan aktivitas konsumsi yang ketiga adalah untuk mengurangi nilai guna barang. Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa macam barang biasanya dibuat untuk bisa digunakan berulang kali. Televisi misalnya, dengan menggunakan televisi setiap hari (mengonsumsi manfaat televisi), maka secara tidak langsung kita telah mengurangi nilai guna televisi tersebut.

  1. Menghabiskan Nilai Guna Barang

Tujuan aktivitas konsumsi yang terakhir adalah untuk menghabiskan nilai guna barang. Beberapa macam barang seperti makanan biasanya hanya dapat digunakan sebanyak satu kali saja. Nah, dengan mengonsumsinya, maka secara otomatis kita dapat menghabiskan nilai guna barang tersebut untuk kehidupan kita.

Ciri – ciri Konsumsi

Jika diteliti secara mendalam, aktivitas konsumsi biasanya memiliki beberapa ciri dasar sebagai berikut :

  1. Ada Barang Konsumsi

Ciri – ciri konsumsi yang pertama adalah adanya barang konsumsi. Seperti yang kita ketahui bersama, aktivitas konsumsi merupakan aktivitas menghabiskan nilai guna suatu barang konsumsi. Sehingga, untuk bisa menjalankan aktivitas konsumsi, maka kita membutuhkan barang konsumsi sebagai objeknya.

  1. Ada Kebutuhan / Keinginan

Ciri – ciri konsumsi yang kedua adalah adanya kebutuhan atau pun keinginan. Aktivitas konsumsi biasanya dilandasi oleh adanya kebutuhan atau pun keinginan. Tanpa kebutuhan / keinginan, konsumen biasanya tidak akan menggunakan barang apa pun.

  1. Manfaat Barang Habis / Berkurang

Ciri konsumsi yang terakhir adalah berkurangnya / habisnya manfaat suatu barang. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika barang digunakan, maka secara otomatis barang tersebut akan berkurang / habis manfaatnya.

Itulah sedikit tulisan mengenai pengertian konsumsi, tujuan konsumsi , beserta dengan ciri – cirinya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Konsumsi, Tujuan Aktivitas Konsumsi, dan Ciri-cirinya | Adzikra Ibrahim |