Pengertian Linux dan Beberapa Distro Linux yang Terkenal

Pengertian Linux – Linux merupakan salah satu sistem operasi komputer yang cukup banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun tidak sepopuler Windows buatan Microsoft atau pun Mac OS buatan Apple, akan tetapi keberadaan linux di dunia sistem operasi komputer juga cukup diperhitungkan. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan-perusahaan teknologi ternama di dunia (seperti IBM, HP, Dell, Red Hat, Sun Microsystems, dll) yang menjadikan linux sebagai sistem operasi untuk perangkat komputer mereka.

Hingga saat ini, sistem operasi linux masih belum banyak digunakan oleh masyarakat awam. Kebanyakan pengguna sistem operasi linux hingga saat ini adalah para penggila perangkat komputer yang memang sudah mengetahui kelebihan-kelebihan linux dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Karena tergolong cukup jarang digunakan, istilah atau pun brand Linux  pun menjadi sedikit kurang dikenal.

Nah, bagi Anda yang belum mengenal linux sama sekali, berikut merupakan sedikit informasi mengenai pengertian Linux yang telah kami rangkum dari beberapa sumber :

Definisi dan Pengertian Linux

Pengertian Linux adalah sistem operasi komputer bertipe Unix yang dikembangkan oleh para pecinta komputer di seluruh dunia. Linux merupakan sebuah sistem operasi berbasis open source yang bebas digunakan, dikembangkan, dan didistribusikan oleh siapa saja.

Linux pertama kali dikenalkan oleh Linus Torvalds pada Tahun 1991. Pada waktu itu, sistem operasi Linux memanfaatkan sistem operasi GNU buatan Richard Stallman yang sudah dikembangkan oleh Linus Torvalds. Sejak pertama kali dikenalkan hingga saat ini (Tahun 2015), Linux telah dikenal sebagai salah satu sistem operasi server terbaik yang pernah ada di dunia. Pengembangan Linux sebagai sistem operasi server bahkan didukung oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di dunia teknologi seperti Dell, IBM, Red Hat, dll.

Beberapa Distro Linux yang Banyak Digunakan Pengguna Komputer di Dunia

  1. Ubuntu

Ubuntu merupakan distro linux kedua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Antar muka yang user friendly disertai dengan dukungan fitur yang lumayan lengkap membuat para pengguna komputer awam menjadi lebih mudah dalam mengoperasikan sistem operasi Linux yang satu ini. Bahkan, saat ini linux ubuntu telah dikembangkan menjadi beberapa sistem operasi turunan lainnya seperti Kubundu, Edubuntu, Xubuntu, Sabily, dll.

  1. Debian

Debian merupakan distro Linux yang lebih mengutamakan tingkat kestabilan dan keamanan. Sejak pertama kali dirilis pada Tahun 1993, sistem operasi debian telah digunakan di hampir seluruh jenis perangkat komputer dari mulai komputer desktop hingga ke komputer mobile. Hingga saat ini (Tahun 2015), Debian masih merupakan distro linux yang paling banyak digunakan di seluruh dunia mengungguli sistem operasi Linux lainnya seperti Ububntu, Fedora, Mint, dll.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian Linux dan beberapa distro Linux terkenal di dunia. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Linux dan Beberapa Distro Linux yang Terkenal | Adzikra Ibrahim |