Pengertian Makalah dan Jenisnya

Mendengar kata makalah mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hampir di setiap tugas sekolah maupun kampus salah satunya ada yang menyuruh kita untuk membuat makalah. Makalah yang dibuat pun disesuaikan dengan topik pembahasan. Makalah merupakan suatu karya tulis ilmiah yang membahas suatu permasalahan berdasarkan topik yang telah ditentukan. Makalah juga bisa diartikan sebagai suatu karya ilmiah yang dipublikasikan menjadi jurnal yang bersifat ilmiah. Berdasarkan dari pengertian makalah tersebut bisa disimpulkan bahwa makalah merupakan suatu karya tulis yang berisi tentang pembahasan tertentu berdasarkan topik yang sudah ditentukan dengan analisis yang obyektif dan logis serta disusun dengan sistematis. Makalah biasanya dibuat oleh pelajar SMP, SMA, mahasiswa hingga kelompok akademis dan itu biasanya bersifat wajib.

Pengertian makalah ternyata tidak hanya satu, ada pengertian terkait makalah yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah dari Tanjung dan Ardial yang menyatakan bahwa makalah merupakan suatu karya tulis yang berisi tentang suatu permasalahan dan ditulis secara sistematis dengan analisis yang logis dan obyektif. Selain itu ada juga dari Surakhmad yang menyatakan bahwa makalah merupakan suatu karya tulis kuliah yang harus disesuaikan sebagai hasil dari pembahasan buku maupun dari pembahasan masalah tertentu.

Jenis Makalah Berdasarkan Sifatnya

Setelah membahas tentang pengertian makalah kini beralih ke jenis-jenis makalah. Mungkin selama ini Anda mengetahuinya bahwa makalah hanya merupakan karya ilmiah saja, namun ternyata makalah juga mempunyai beragam jenis yang dikategorikan berdasarkan sifatnya. Ada 3 jenis makalah berdasarkan sifatnya. Pertama adalah makalah induktif. Makalah induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang diperoleh dari lapangan namun masih tetap bersifat obyektif dan sesuai dengan pembahasan yang telah ditentukan. Kedua adalah makalah deduktif. Makalah deduktif merupakan karya tulis yang diperoleh berdasarkan data dari kajian teoritis yang masih relevan dengan topik yang akan dibahas. Ketiga adalah makalah campuran. Makalah ini merupakan gabungan dari makalah induktif dan deduktif yang dimana ditulis berdasarkan data dari kajian teoritis dan data empiris.

Jika Anda selama ini lebih mengenal makalah ilmiah maka itu termasuk dalam kategori makalah campuran. Makalah campuran sendiri dibedakan menjadi 6 jenis yaitu makalah ilmiah yang biasa ditulis oleh para pelajar maupun mahasiswa, makalah kerja, makalah kajian yang biasanya berisi tentang hal kontroversial, makalah posisi, makalah analis dan yang terakhir makalah tanggapan biasanya dijadikan sebagai tugas untuk mahasiswa yang berisi tentang tanggapan terhadap suatu bacaan. Setelah kita mengetahui pengertian makalah beserta jenis-jenisnya maka kita bisa menjadi tahu dan dapat menjadi acuan ketika hendak membuat sebuah makalah. Dalam membuat makalah pun harus sistematis yang artinya dalam penyusunannya harus sesuai dengan kerangka makalah.

loading...
Pengertian Makalah dan Jenisnya | Adzikra Ibrahim |