Pengertian manajemen secara etimologi dan pandangan para ahli

Pengertian manajemen secara umum merupakan kegiatan untuk mengatur, memimpin, mengelola, mengembangkan dan mengendalikan. Ilmu manajemen merupakan sebuah kajian ilmu dan seni perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengawasan terhadap usaha yang dilakukan oleh anggota organisasi serta pemanfaatan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi yang telah dimanfaatkan sebelumnya. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai sebuah seni. Didefinisikan sebagai sebuah seni karena manajemen seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui hubungan kerja sama antara satu dengan yang lainnya. Seni manajemen terdiri atas kemampuan melihat totalitas pada bagian yang terpisah dari bagian kesatuan gambaran tentang visi tertentu. Seni dalam hal ini mencakup kemampuan komunikasi sebuah visi meliputi aspek komunikasi, perencanaan kepemimpinan dan pengambilan satu keputusan. Pada intinya manajemen merupakan seni untuk mengelola dan mengatur.

Istilah dan Pengertian manajemen seringkali melekat pada kehidupan sehari-hari. Sejatinya hampir seluruh aspek kehidupan memerlukan seni manajemen. Manajemen juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi dan mengorganisir orang lain agar mau melakukan sesuatu untuk diri kita. Istilah manajemen juga sering kali dikaitkan dengan pemimpin atau leader. Mengapa demikian? Karena pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk dihargai secara lebih oleh orang lain, kemampuan tersebut pada akhirnya membuat  orang lain mau melakukan sesuatu hal sesuai perintah dan keinginan pemimpin. Namun anggapan ini agak sedikit kurang tepat. Sebab manajamen memiliki sitemnya sendiri untuk mengelola dan mengatur orang lain agar mau melakukan sesuatu. Baik pemimpin maupun anggota organisasi sebenarnya sama-sama tunduk pada aturan manajemen, hanya saja kewenangan yang dimiliki keduanya tidak sama.

Pengertian manajemen berdasarkan pandangan para ahli

Secara etimologi manajemen memiliki arti yaitu seni untuk mengatur atau mengelola. Kata majemen sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu ménagement. Dari pengertian tersebut terdapat sisipan kata seni. Seni merupakan kata yang memiliki arti keindahan, ketika memasuki dunia manajemen Anda akan menemukan berbagai keindahannya. George R Terry mengatakan bahwa manajemen adalah suatu kerangka kerja atau proses yang melibatkan pengarahan dan bimbingan sekelompok orang atau sebuah organiasasi untuk mencapai tujuan dan visi organisasi. Selanjutnya pengertian manajemen menurut Mary Parker Follet, seni. yaitu sebuah Seni manajamen terletak pada kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau mencapai tujuan tertentu.  James A.F Stoner mengemukakan pandangannnya tentang pengertian manajemen yaitu sebuah proses perencanaan, pengaturan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang telah ditetapkan. Lawrence A. Aplley mengatakan bahwa manajemen adalah usaha pencapaian tujuan yang dilakukan menggunakan atau melalui usaha orang lain. Wilson Bangun berpendapat bahwa manajemen merupakan sekumpulan usaha yang dilakukan oleh anggota organisasi dengan tujuan untuk mencapai tujuannya.

Jika disimpulkan secara keseluruhan maka pandangan para ahli tentang pengertian manajemen pada intinya adalah sebuah seni mengatur, mengelola atau mengarahkan anggota organisasi untuk melakukan usaha-usaha tertentu demi mencapai tujuan organisasi. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha untuk mencapai sebuah tujuan melalui usaha orang lain.

Fungsi/Tujuan dan jenis manajemen

Fungsi manajemen secara umum dapat dibagi menjadi 3 bagian seperti di bawah ini :

  1. Fungsi perencanaan

Perencanaan atau planing merupakan sebuah kegiatan untuk membuat tujuan atau visi organisasi dengan berbagai rencana yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan adalah usaha yang paling baik untuk membuat tujuan sebuah organisasi dapat tercapai. Perencanaan sendiri merupakan salah satu fungsi manajemen yang tidak bisa ditinggalkan. Tanpa perencanaan yang baik maka fungsi manajemen lainnya tidak akan bisa berjalan dengan baik pula.

  1. Fungsi pengorganisasian

Pengorganisasian adalah suatu tindakan untuk membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan kecil. Kegiatan kecil ini juga dilengkapi dengan tugas-tugas tertentu yang harus diselesaikan. Pengorganisasian membuat kegiatan pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.

  1. Fungsi pengarahan

Pengarahan merupakan sebuah usaha yang dilakukan agar anggota organisasi berusaha untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya.

Ketiga fungsi tersebut bekerja secara berkesinambungan antara satu dan lainnya. Jika salah satu fungsi tidak berjalan atau bekerja dengan baik maka fungsi manajemen lainnya tidak dapat bekerja dengan baik. Fungsi manajemen yang tidak dapat bekerja dengan baik akan membuat kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi menjadi sulit untuk dilakukan.

Jenis-jenis manajamen yang banyak digunakan oleh organisai atau kelompok meliputi 4 jenis manajemen seperti yang tertera di bawah ini :

  1. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen SDM memiliki fungsi utama untuk memastikan organisasi mendapatkan sumber daya manusia yang bekerja dengan penuh keyakinan dan menjaga kualitas pekerjaannya. Manajemen sumber daya manusia akan bekerja untuk memelihara sumber daya manusia yang dimiliki organisasi untuk bersama-bersama berkerja demi mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia yang dimiliki organisasi harus selalu menjaga kualitas dari hasil pekerjaannya dan meningkatkan kualitas tersebut demi memajukan organisasi.

  1. Manajemen operasional

Manajemen operasional memiliki fungsi untuk menghasilkan produk dengan kualitas pekerjaan terbaik sesuai dengan standar operasi. Produk yang dihasilkan harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dengan tidak penggunaan teknik produksi secara efisien.

  1. Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi untuk menganalisa dan mempelajari apa yang dibutuhkan konsumen. Di dalam manajemen pemasaran ini juga harus dilakukan tindakan analisa kekuatan atau kualitas produk kompetitor dengan tujuan untuk mencapai tujuan atau target organisasi secara maksimal.

  1. Manajemen keuangan

Menajamen keuangan merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat mencapai tujuan organisasi secara ekonomi. Dalam hal ini profit atau pendapat merupakan tolak ukur utama. Fungsi terpenting dari manajemen keuangan ini adalah untuk memastikan bahwa modal usaha yang dimilki organisasi dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Sebenarnya tujuan dari sebuah organisasi tidak melulu berkaitan dengan finansial. Oleh karena itu profit yang digunakan sebagai tolak ukur tergantung pada jenis tujuan organisasi.

Baca Juga:

Tujuan manajemen pada dasarnya adalah untuk mencapai tujuan atau target yang telah ditentukan sebelumnya. Tidak setiap kegiatan manajemen memiliki jenis tujuan yang sama. Oleh karena itu kegiatan manajemen yang dilakukan tidak dapat dikelompokkan secara spesifik. Kegiatan manajemen hanya dapat dikelompokkan secara umum. Untuk mencapai target atau tujuan manajemen maka keseluruhan fungsi manajemen harus dipastikan dapat berfungsi secara baik. Biasanya agar lebih mudah untuk mencapai tujuan besar organisasi, tujuan tersebut akan diklasifikasikan menjadi tujuan kecil. Tujuan kecil ini dikerjakan oleh anggota organisasi kelompok dengan menggunakan fungsi pengorganisasian. Sumber daya yang dimiliki oleh organisasi juga harus dimaksimalkan sebagai salah satu kesatuan kegiatan manajemen. Sumber daya merupakan aset atau modal utama yang menjadi tombak atau inti dari kegiatan manajemen. Jika sumber daya tidak dapat dikelola dengan baik, maka tujuan organsasi akan sangat sulit untuk dicapai.

loading...
Pengertian manajemen secara etimologi dan pandangan para ahli | Adzikra Ibrahim |