Pengertian Marketing dan Marketing Strategi

Pengertian Marketing – Istilah marketing sangat erat kaitannya dengan dunia usaha/bisnis. Setiap orang yang ingin terjun ke dunia usaha/bisnis harus memahami istilah yang satu ini. Berbagai ahli di dunia bisnis berpendapat bahwa marketing merupakan ujung tombak dari dunia usaha/bisnis. Ketika kegiatan marketing suatu usaha/bisnis terlaksana dengan baik, maka peluang bisnis/usaha tersebut untuk sukses akan terbuka dengan lebar.

Lantas sebenarnya apakah yang dimaksud dengan marketing itu? Bagaimanakah cara mengelola kegiatan pemasaran agar bisnis/usaha yang dilakukan bisa berjalan dengan lebih baik dan lebih menguntungkan?

Marketing (Bahasa Inggris), jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti pemasaran. Jika didefinisikan secara lengkap, maka marketing adalah keseluruhan proses di bidang pemenuhan kebutuhan konsumen yang dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Dalam hal ini marketing mencakup kegiatan pendistribusian barang, kegiatan penetapan harga jual, kegiatan penjualan, kegiatan pelayanan pasca pembelian, hingga ke kegiatan pengenalan dan juga pengiklanan dari suatu produk ke konsumen.

Agar kegiatan pemasaran ataupun marketing dapat berjalan dengan baik, diperlukan strategi marketing yang baik pula.

Pengertian Marketing menurut Para Ahli

Ada banyak sekali pendapat ahli mengenai definisi marketing. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Philip Kotler

Menurut Kotler, Marketing merupakan sebuah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang bertujuan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lainnya.

John Westwood

Menurut John Westwood, marketing merupakan sebuah usaha terpadu dilaksanakan demi terpenuhinya kebutuhan pelanggan dengan cara yang menguntungkan  perusahaan.

Jay Abraham

Jay Abrahan mendefinisikan marketing sebagai sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Tung Desem Waringain

Tung Desem Waringin mendefinisikan pengertian marketing sebagai media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)

Seperti yang telah diungkapkan di atas, agar kegiatan marketing bisa berjalan dengan baik, maka dibutuhkan strategi marketing yang baik pula. Strategi marketing merupakan sekumpulan rancangan dan juga rencana yang sengaja dibuat oleh perusahaan demi tercapainya kegiatan marketing yang efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencapai tujuannya.

Dalam dunia marketing dikenal beberapa strategi marketing, seperti salah satunya adalah strategi marketing 4P yaitu :

Place

Agar kegiatan pemasaran berjalan dengan baik, maka perusahaan harus bisa menentukan tempat yang paling tepat untuk menjalankan kegiatan pemasaran.

Product

Selain tempat yang tepat, perusahaan juga harus menyediakan produk yang dibutuhkan dan juga diinginkan oleh konsumen ataupun target pemasaran.

Price

Agar konsumen tertarik, perusahaan harus menetapkan harga yang masuk akal dan juga tidak memberatkan konsumennya.

Promotion

Agar konsumen mengenal dan mengetahui produk yang sedang dipasarkan, perusahaan harus merancang kegiatan promosi yang paling tepat dan sesuai.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian marketing dan strategi marketing yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kehidupan Anda.

loading...
Pengertian Marketing dan Marketing Strategi | Adzikra Ibrahim |