Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media

Pengertian Media – Berbicara mengenai media, satu hal yang langsung muncul di pikiran penulis adalah proses pembelajaran. Ya, media memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan dunia pembelajaran. Media biasanya digunakan sebagai sarana untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas pembelajaran baik di sekolah, maupun di tempat – tempat lainnya.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

  1. Gagne

Menurut Gagne, media pendidikan merupakan komponen – komponen yang ada pada lingkungan siswa yang dapat merangsang kemauan belajar siswa.

  1. Schram

Menurut Scham, pengertian media merupakan teknologi yang dapat membawa pesan sehingga dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas pembelajaran.

  1. Miarso

Menurut Miarso, media dapat diartikan sebagai setiap hal yang bisa dipakai untuk menyalurkan pesan yang dapat menciptakan rangsangan – rangsangan pada pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.

  1. Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syiful Bahri Djamarah, pengertian media adalah alat bantu apa saja yang bisa digunakan sebagai penyalur pesan untuk mencapai apa yang dituju.

  1. Nasional Education Asociation (NEA)

Menurut Nasional Education Asociation (NEA), media merupakan salah satu sarana komunikasi dalam bentuk cetak atau pun audio visual, serta termasuk juga berbagai macam perangkat kerasnya.

  1. Asociation of Education Comunication Technology (AECT)

Menurut Asociation of Education Comunication Technology (AECT), media merupakan setiap bentuk saluran yang dipakai dalam proses penyampaian atau pun penyaluran pesan.

  1. Briggs

Menurut Briggs, media dapat diartikan sebagai setiap alat yang dapat memberi atau pun menciptakan rangsangan pada siswa sehingga proses belajar dapat berlangsung.

Beberapa Jenis Media

Berikut merupakan beberapa jenis media yang biasanya banyak digunakan di dunia pembelajaran.

  1. Media Visual

Media yang paling banyak digunakan di dunia pembelajaran adalah media visual. Media visual merupakan setiap bentuk media yang memiliki bentuk fisik nyata yang dapat dilihat, dibaca, dan diraba. Jika dibandingkan dengan media – media pembelajaran lainnya, media visual cenderung jauh lebih mudah untuk ditemukan. Beberapa contoh media visual yaitu gambar, foto, bukum majalah, alat peraga, dan lain – lain.

  1. Media Audio

Jenis media yang kedua yang juga banyak digunakan dalam aktivitas pembelajaran adalah media audio. Media audio merupakan media yang hanya dapat diakses melalui organ pendengaran. Beberapa bentuk media audio yaitu suara, lagu, siaran radio, audio CD, dan lain – lain.

  1. Media Audio Visual

Jenis media yang terakhir dan sekaligus sebagai media terbaik dalam aktivitas pembelajaran adalah media audio visual. Media audio visual merupakan jenis media yang mencakup media audio (dapat didengar) dan media visual (dapat dilihat). Beberapa contoh media audio visual yaitu siaran televisi, pertunjukan drama, teater, film layar lebar, dan lain – lain.

Demikianlah informasi mengenai pengertian media dan beberapa jenisnya yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media | Adzikra Ibrahim |