Pengertian Menulis Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Menulis – Menulis merupakan salah satu kemampuan wajib yang harus diketahui oleh semua orang. Tanpa kemampuan yang satu ini, aktivitas dalam kehidupan sehari-hari dapat dipastikan tidak akan berjalan dengan lancar.

Menulis sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan membuat atas apa yang dianggap penting dengan memanfaatkan berbagai macam media.

Beberapa Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

  1. Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan, menulis merupakan kegiatan menuangkan ide ataupun gagasan dengan memakai bahasa tuli sebagai media utama penyampainya.

  1. Djago Tarigan

Menurut Djago Tarigan, menulis merupakan kegiatan mengekspresikan secara tertulis berbagai macam ide, gagasan, perasaan, pendapat, ataupun pikiran.

  1. Lado

Menurut Lado, pengertian menulis adalah aktivitas meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa tertentu yang dimengerti oleh orang lain.

  1. Heaton

Menurut Heaton, menulis merupakan salah satu keterampilan yang sukar dan kompleks yang dikerjakan untuk menuangkan berbagai macam gagasan ataupun ide ke dalam bentuk tulisan.

  1. Mc. Crimmon

Menurut Mc. Crimmon, menulis merupakan aktivitas menggali pikiran dan perasaan tentang sebuah subjek, menentukan perihal yang akan ditulis, serta menetapkan teknik penulisannya sehingga orang yang membaca tulisan tersebut dapat memahaminya dengan mudah.

  1. Eric Gould, Robert DiYanni, William Smith

Menurut Eric Gould, Robert DiYanni, William Smith, menulis merupakan aktivitas kreatif. Aktivitas menulis disebut kreatif karena memerlukan berbagai macam pemahaman dan juga kemampuan merasakan sesuatu yang ingin kita tulis seperti peristiwa, pengalaman, ataupun tulisan orang lain.

  1. St. Y. Slamet

Menurut St. Y. Slamet, menulis merupakan sebuah aktivitas yang membutuhkan kemampuan yang bersifat cukup kompleks.

  1. Gebhardt dan Dawn Rodrigues

Menurut Gebhardt dan Dawn Rodrigues, pengertian menulis adalah salah satu hal paling penting yang kamu lakukan di sekolah. Kemampuan menulis yang bagus akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang di sekolah baik dalam hal penulisan laporan, penulisan proposal atau pun pengerjaan tugas di sekolah.

  1. Barli Bram

Menurut Barli Bram, menulis dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat ataupun merombak tulisan yang telah ada sebelumnya.

  1. M. Atar Semi

Menurut M. Atar Semi, menulis merupakan salah satu proses kreatif yang dilakukan dengan jalan memindahkan berbagai macam gagasan atau pun ide ke dalam bentuk lambang-lambang huruf yang berarti.

  1. Burhan Nurgianto

Menurut Burhan Nurgianto, menulis merupakan aktivitas aktif yang produktif dalam menghasilkan berbagai macam tulisan dengan menggunakan bahasa tertentu.

  1. Prayogi

Menurut Prayogi, menulis merupakan aktivitas membuat tulisan dari berbagai macam sumber baik sumber internal maupun sumber eksternal dengan menggunakan angka dan huruf tertentu yang dapat dimengerti penulisnya dan juga oleh orang lain.

Itulah beberapa pengertian menulis menurut para ahli yang berkecimpung di dunia tulis menulis. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Menulis Menurut Pendapat Para Ahli | Adzikra Ibrahim |