Pengertian Mineral, Macam-Macam Mineral dan Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar kata “mineral”? jika iya, apakah Anda tahu pengertian mineral yang sesungguhnya? Mungkin banyak orang yang sering mengatakan jika tubuh kita juga membutuhkan mineral selain gizi dan juga vitamin. Ada pula yang mengatakan jika mineral dapat ditemukan dari sayur atau buah yang dikonsumsi. Meski tidak salah namun banyak orang yang belum begitu memahami arti sebenarnya dari mineral. Begitu juga dengan macam-macam mineral yang ada di dunia dan apa saja manfaat dari zat kimia yang satu ini.

Pengertian Mineral, Macam-macam Mineral dan Manfaatnya

Ada dua macam pengertian mineral yang perlu Anda ketahui. Yang pertama pengertian dari kaca mata geologi dan yang kedua dari kaca mata kesehatan. Jika dilihat dari kaca mata para ahli geologi, mineral didefinisikan sebagai sebuah benda yang terbentuk secara alami yang di dalamnya mengandung beberapa unsur kimia yang memiliki bentuk teratur dan biasanya berbentuk kristal. Sementara definisi mineral jika dilihat dari kaca mata kesehatan memiliki pengertian sebagai zat gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang manusia dengan jumlah yang cukup kecil. Jadi, seperti apa definisi mineral yang Anda miliki? Apakah cenderung seperti para ahli geologi atau justru cenderung seperti ahli kesehatan?

Selain mengetahui pengertian mineral, Anda juga harus tahu berbagai macam jenis mineral yang ada di sekitar kita yang dibutuhkan dalam setiap tumbuh kembang yang dilalui. Ada tiga macam jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni ultra trace minerals, trace minerals, dan major minerals. Ultra trace Minerals adalah jenis mineral yang ternyata sudah ada dalam tubuh meski demikian berapa banyaknya mineral tersebut tidak diketahui secara pasti. Contoh mineral yang masuk dalam kategori ultra trace mineral adalah seperti arsenik, vanadium, silikon, nikel, dan boron. Jenis mineral yang kedua adalah trace mineral yang dibutuhkan oleh manusia dengan kadar kurang dari 100 mg/hari. Ada sembilan macam mineral yang masuk dalam kategori trace minerals yakni zat besi, mangan, fluoride, seng, tembaga, yodium, molibdenum, selenium, dan kromium.

Jenis mineral yang ketiga adalah major minerals atau mineral yang dibutuhkan dengan kadar yang cukup besar yakni lebih dari 100 mg/hari. Contoh mineral yang masuk dalam kategori ini seperti kalsium, magnesium, kalium, sulfur, fosfor, klorida, dan natrium. Dengan mengkonsumsi beberapa jenis mineral di atas sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, akan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat dari mineral adalah mampu menjaga fungsi otak, menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, dapat menguatkan antibody dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Itulah sedikit pembahasan dari pengertian mineral, macam-macam mineral dan manfaatnya.

loading...
Pengertian Mineral, Macam-Macam Mineral dan Manfaatnya | Adzikra Ibrahim |