Pengertian Monitor dan Jenis-jenisnya

Pengertian Monitor – Jika Anda pernah menggunakan komputer, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Monitor merupakan salah satu perangkat yang ada di komputer. Perangkat monitor tergolong kedalam perangkat keras komputer di bagian output. Fungsi perangkat ini adalah sebagai penampil berbagai macam data yang diolah di dalam komputer.

Monitor memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah komputer. Tanpa keberadaan monitor, sebuah perangkat komputer cenderung akan sangat sulit untuk digunakan (kecuali dihubungkan dengan perangkat output video lainnya seperti projector, ohp, dll).

Definisi dan Pengertian Monitor

Istilah monitor pada dasarnya merupakan kata serapan yang diambil dari Bahasa Inggris yaitu dari kata monitor yang artinya mengamati. Oleh karena itu, jika diartikan dari asal katanya, monitor dapat diartikan sebagai perangkat yang digunakan untuk mengamati sesuatu.

Jika diartikan secara lengkap, pengertian monitor adalah perangkat keras yang dipakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti cpu, satelit, dan berbagai sumber data grafis lainnya.

Dalam perangkat komputer, monitor sering juga disebut dengan istilah layar komputer. Sedangkan di perangkat jaringan televisi, monitor sering kali disebut dengan istilah layar televisi.

Beberapa Jenis Monitor

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 4 jenis monitor yang digunakan dalam perangkat komputer ataupun perangkat elektronik lainnya. Keempat jenis monitor tersebut yaitu :

  1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakkan di dalam tabung. Monitor CRT merupakan monitor komputer tertua yang hingga saat ini masih cukup banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung.

  1. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal. Dibandingkan monitor CRT, ukuran monitor LCD jauh lebih ramping. Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.

  1. Monitor LED (Light Emiting Diode)

Monitor LED merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi dioda lampu yang mampu memancarkan emisi cahaya. Meskipun tidak jauh berbeda, akan tetapi monitor LED cenderung sedikit lebih tipis dibandingkan dengan monitor LED.

  1. Monitor Plasma

Monitor Plasma merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi gas neon ataupun xenon yang diletakkan di antara dua pelat kaca. Dibandingkan dengan seluruh monitor yang sebelumnya, monitor plasma merupakan monitor yang terbaik dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun begitu, harga monitor plasma juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga monitor-monitor yang sebelumnya.

Demikianlah informasi mengenai pengertian monitor dan beberapa jenisnya yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Monitor dan Jenis-jenisnya | Adzikra Ibrahim |