Pengertian Nasionalisme

Mematuhi aturan yang berlaku, mematuhi dan menaati hukum negara, bersedia mempertahankan dan memajukan negara, melestarikan budaya Indonesia, menggunakan produk dalam negeri, dan ikut serta dalam upaya pembelaan negara adalah beberapa contoh sikap Nasionalisme sebagai warga negara Indonesia yang baik. Apa yang dimaksud dengan nasionalisme?

Nasionalisme adalah suatu dasar pembentukan negara, keduanya mempunyai kaitan yang cukup erat. Secara tidak langsung, terbentuknya suatu negara itu dibarengi dengan semangat warga yang berjiwa nasionalisme, begitu pula dengan terbentuknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ini. Pengertian Nasionalisme secara umum adalah pengabdian yang tinggi oleh bangsa terhadap negaranya yang diperlihatkan melalui sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat. Keutuhan dan kekokohan suatu negara, tentu saja dipengaruhi oleh sifat nasionalisme bangsanya, selain nasionalisme, seorang bangsa juga harus mempunyai sikap patriotisme. Bahkan menurut beberapa ahli, nasionalisme adalah fenomena budaya, bukan sebuah gerakan politik.

Adapun Pengertian Nasionalisme dalam arti sempit dan dalam arti luas dijabarkan sebagai berikut. Nasionalisme dalam arti sempit dapat diartikan sebagai perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya dengan sangat tinggi dan berlebihan. Nasionalisme dalam arti luas adalah suatu sikap memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan termasuk harga diri bangsa sekaligus menghormati bangsa lain. Sifat nasionalisme pada setiap orang akan membina rasa bersatu antar penduduk negara yang berbeda-beda karena perbedaan baik suku, agama, maupun ras. Penting sekali untuk membedakan antara nasionalisme dan patriotisme, patriotisme adalah sikap berani yang pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pengertian Nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat nasional; kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan. Nasionalisme menurut Ernest Renan adalah kehendak untuk bersatu dan bernegara. Menurut Otto Bauer, nasionalisma adalah suatu persatuan perangai yang timbul karena perasaan senasib. Menurut Hans Kohn, nasionalisme adalah bentuk dan rasionalisasi dari kesadaran nasional berbangsa dan bernegara sendiri. Menurut Louis Sneyder, nasionalisme adalah hasil dari perpaduan faktor politik, ekonomi, sosial, dan intelektual. Menurut L. Stoddart, Pengertian Nasionalisme adalah kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian besar individu dimana mereka menyatakan rasa kebangsaan dalam suatu bangsa. Baca juga “Pengertian Identitas Nasional dan Unsur-Unsurnya”

Apabila kita telah memahami Pengertian Nasionalisme, baiknya pengertian itu tidak hanya kita hapalkan, namun setiap kata dan kalimatnya harus kita maknai, adapun makna nasionalisme diantaranya adalah paham yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi harus ditujukan pada negara, perasaan yang mendalam akan ikatan terhadap tanah air, proses pembentukan atau pertumbuhan bangsa, bahasa dan simbol bangsa, gerakan sosial dan politik demi kepentingan bersama, dan suatu doktrin dan ideologi bangsa. Retno Listyari (2007) membagi nasionalisme kedalam enam bentuk, diantaranya adalah nasionalisme kewarganegaraan, nasionalisme etnis, nasionalisme romatik, nasionalisme budaya, nasionalisme kenegaraan, dan nasionalisme agama.

Nasionalisme juga tercermin pada Pancasila sila ke-3, dengan makna mencintai bangsa dan tanah air Indonesia, rela berkorban, bangga sebagai warga negara Indonesia, dan menempatkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi atau golongan. Oleh karena itu, kita sebagai WNI yang baik, mulailah dari hal yang kecil agar menumbuhkan sikap nasionalisme yang kemudian mungkin akan berujung pada sikap patriotisme. Cintailah produk dalam negeri adalah salah satu cara menumbuhkan rasa nasionalisme. Demikianlah beberapa ulasan mengenai Pengertian Nasionalisme, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!

loading...
Pengertian Nasionalisme | Adzikra Ibrahim |