Pengertian Pelayanan Prima yang Lengkap

Apabila Anda sedang berada di sebuah kantor pelayanan, pastinya pernah mendengar tentang istilah pelayanan prima. Apa itu pengertian pelayanan prima? Apakah yang melayani adalah seseorang yang harus memiliki kesehatan yang prima? Tentu bukan hanya itu saja faktornya, pasti ada alasan lain mengapa bisa dinamakan dengan pelayanan prima.

Anda pernah berada di kantor seperti bank atau kantor pos dan mendapatkan pelayanan prima? Tentu hal semacam ini bisa membuat Anda merasa nyaman bukan? Sebenarnya istilah tersebut memiliki arti yang bisa Anda ketahui. Pelayanan yang prima bukan hanya berhubungan dengan fisik si pemberi layanan saja tetapi ada faktor lainnya yang mempengaruhi.

Pengertian Pelayanan Prima dari Berbagai Sumber

Pengertian pelayanan prima menurut orang awam atau secara umum diartikan sebagai layanan yang memberikan keramahan dan kejelasan yang benar-benar jelas. Layanan prima memang tak lepas dari yang namanya kepuasan pelanggan. Jadi secara umum ini berarti pelayanan yang akan memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi pelanggan. Dengan adanya layanan prima tersebut akan memberikan feedback baik yaitu pelanggan akan senantiasa memakai produk Anda dan tidak akan berpindah ke lain hati. Gambaran umumnya seperti itu, jika menurut para ahli pasti pengertiannya sudah lain lagi.

Menurut beberapa sumber, pengertian pelayanan prima itu meliputi banyak kualitas. Kualitas di sini seperti kualitas untuk dari produk, proses, lingkungan, jasa dan manusia. Jadi, pelayanan prima itu bisa dilihat dari beberapa aspek tersebut. Memberikan pelayanan yang prima itu sangat penting bagi seseorang yang sedang membuka usaha. Mengapa? Karena ini akan menarik hati calon pelanggan. Tentu Anda semua merasa senang dengan pelayanan sebuah kantor yang begitu mengagungkan para pelanggannya bukan? Istilah pembeli adalah raja benar-benar diberlakukan pada sebuah kantor dengan pelayanan prima tersebut.

Menurut kacamata para ahli, Moenir mengatakan jika pelayanan itu diartikan sebagai proses pemenuhan kebutuhan seseorang melalui aktivitas secara langsung. Kemudian ini bisa disimpulkan sendiri jika pelayanan prima dari sudut pandang Moenir adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas secara langsung dengan kualitas yang baik. Prima sendiri bisa diartikan sebagai kualitas yang baik, baik itu dari segi keramahan, kesopanan dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan. Adapun pengertian dari para ahli lainnya seperti yang diungkapkan oleh Kotler yaitu tindakan yang akan diberikan kepada seseorang. Tindakan yang dimaksud di sini adalah memberikan pelayanan.

Pengertian pelayanan prima menurut Suparlan adalah pemberian pertolongan kepada orang lain. Pertolongan tersebut baik itu materi maupun non materi yang nantinya bisa mengatasi masalahnya sendiri (klien/pelanggan). Pengertian dari kacamata Suparlan, pelayanan prima bisa diartikan sebagai pemberian pertolongan yang sangat membantu dan bisa memberikan kenyamanan bagi seseorang yang ditolong tersebut. Pengertian yang lain seperti menurut Hadipranata adalah aktivitas di luar pekerjaan pokok yang diberikan kepada pelanggan dan bisa dirasakan sebagai penghargaan atau penghormatan.

Terlepas dari pengertiannya, memberikan pelayanan prima itu seharusnya wajib hukumnya. Pelayanan prima sendiri bisa membuat feedback yang baik tak hanya kepada pelanggan saja tetapi bagi yang memberikan layanan tersebut. Sebagai contoh bagi pelanggan, mendapatkan pelayanan prima bisa membuat merasa nyaman dan tenang. Pelanggan merasa dihormati sekali dengan adanya hal itu. Kemudian bagi pemilik/penjual akan mendapatkan pelanggan setia karena pelanggan sering mendapatkan pelayanan yang baik. Jadi, pengertian pelayanan prima itu harus benar-benar diresapi supaya kedua belah pihak mendapatkan keuntungan.

loading...
Pengertian Pelayanan Prima yang Lengkap | Adzikra Ibrahim |