Pengertian Pendapatan Nasional dan Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

Pengertian Pendapatan Nasional – Pendapatan nasional merupakan salah satu tolak ukur kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sebuah negara. Meskipun tidak selalu menggambarkan keadaan yang sebenarnya, akan tetapi negara yang memiliki pendapatan nasional tinggi biasanya ditinggali oleh masyarakat yang makmur.

Istilah pendapatan nasional merujuk kepada pendapatan yang diterima oleh pelaku ekonomi yang ada dalam suatu negara dalam satu periode ekonomi tertentu (biasanya satu tahun). Pendapatan nasional dapat dihitung dengan beberapa cara yaitu melalui metode produksi, metode konsumsi dan metode pendapatan.

Sperti yang telah dijelaskan di atas, pendapatan nasional yang tinggi tidak selalu mencerminkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Meskipun pendapatan nasional suatu negara tinggi, akan tetapi jika ketimpangan status ekonomi juga tinggi maka kemungkinan besar pendapatan negara tersebut hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

Definisi dan Pengertian Pendapatan Nasional

Istilah pendapatan nasional pada dasarnya berasal dari kata “pendapatan” yang artinya apa yang dihasilkan, dan kata “nasional” yang artinya negara. Jika diartikan dari dasar kata yang membentuknya, maka pendapatan nasional adalah nilai setiap hal yang berhasil dihasilkan oleh sebuah negara.

Jika diartikan secara lebih lengkap, maka pengertian pendapatan nasional adalah total semua nilai produk (baik berupa barang maupun jasa) yang dihasilkan oleh sebuah negara baik dari sektor ekonomi masyarakat maupun dari sektor ekonomi pemerintah yang berlangsung dalam periode 1 tahun.

Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

  1. Pendekatan Produksi

Metode perhitungan pendapatan nasional yang pertama adalah metode pendekatan produksi. Dengan menggunakan metode ini, pendapatan nasional dihitung dengan jalan menjumlahkan seluruh hasil produksi barang dan jasa yang berhasil dihasilkan oleh seluruh pelaku ekonomi yang ada dalam satu negara dalam satu periode ekonomi tertentu (biasanya satu tahun).

  1. Pendekatan Pengeluaran

Metode perhitungan pendapatan nasional yang kedua adalah metode pendekatan pengeluaran. Dengan menggunakan metode perhitungan ini, pendapatan nasional suatu negara dihitung dengan menjumlahkan semua pos – pos pengeluaran yang dipakai untuk membeli barang dan jasa akhir seluruh pelaku ekonomi (baik rumah tangga konsumen, pemerintah, rumah tangga produksi / perusahaan, serta sektor luar negeri) yang terjadi dalam satu periode ekonomi tertentu (biasanya satu tahun).

  1. Pendekatan Pendapatan

Metode perhitungan pendapatan yang ketiga adalah metode pendekatan pendapatan. Perhitungan pendapatan nasional menggunakan metode ini dilakukan dengan jalan menjumlahkan semua pendapatan yang berhasil diterima oleh seluruh pelaku ekonomi dari hasil penyediaan produk (baik barang maupun jasa) yang dihitung selama satu periode ekonomi tertentu (biasanya satu tahun).

Itulah pengertian pendapatan nasional dan beberapa metode perhitungannya yang hingga saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Hingga saat ini, perhitungan pendapatan nasional suatu negara biasanya dilakukan oleh pihak pemerintah yang berwenang dan beberapa pelaku ekonomi makro khusus yang ada di pemerintahan.

Pengertian Pendapatan Nasional dan Metode Perhitungan Pendapatan Nasional | Adzikra Ibrahim |