Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-cirinya

Pengertian Perubahan Sosial – Perubahan sosial merupakan istilah yang menggambarkan pergeseran nilai – nilai kehidupan dalam aktivitas sosial atau pun aktivitas bermasyarakat. Perubahan sosial dapat ditenggarai oleh berbagai macam hal seperti penggunaan berbagai macam teknologi baru, perubahan struktur organisasi pemerintah, masuknya berbagai macam ajaran – ajaran baru yang dianut oleh para pendatang, dan berbagai macam penyebab lainnya.

Perubahan sosial sering kali dikait – kaitkan dengan kerusakan budaya dasar yang ada pada kelompok masyarakat. Padahal jika diteliti lebih dalam, perubahan sosial juga memberikan banyak sekali dampak positif dalam kehidupan manusia (jika dan hanya jika perubahan yang terjadi dapat disaring terlebih dahulu).

Definisi dan Pengertian Perubahan Sosial

  1. Mac Iver

Menurut Mac Iver, perubahan sosial merupakan perubahan – perubahan yang terjadi di dalam hubungan sosial manusia atau pun perubahan yang mempengaruhi keseimbangan hubungan sosial antar manusia.

  1. William F. Ogburn

Menurut William F. Ogburn, pengertian perubahan sosial adalah setiap perubahan yang mencakup unsur – unsur kebudayaan baik yang berbentuk material atau pun yang berbentuk immaterial, yang menekankan adanya pengaruh besar dari berbagai macam unsur kebudayaan material terhadap unsur kebudayaan immaterial.

  1. Kingsley Davis

Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di dalam struktur atau pun fungsi kehidupan masyarakat.

  1. Samuel Keonig

Menurut Samuel Keonig, perubahan sosial dapat diartikan sebagai modifikasi dari pola kehidupan dan juga kebudayaan yang ada pada masyarakat.

  1. Karl Marx

Menurut Karl marx, perubahan sosial merupakan perubahan – perubahan yang berlangsung sebagai akibat terjadinya perkembangan teknologi atau pun kekuatan produktif, serta hubungan antara beberapa kelas sosial yang berubah / berganti.

  1. Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, pengertian perubahan sosial adalah setiap perubahan yang terjadi pada berbagai lembaga masyarakat yang ada dalam lingkungan masyarakat, yang dampaknya akan mempengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai sosial, pola perilaku, dan sikap kelompok – kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat.

  1. Raja

Menurut Raja, perubahan sosial merupakan setiap perubahan yang terjadi pada lembaga kemasayarakatan yang ada di dalam sebuah kelompok masyarakat yang dapat mempengaruhi berjalannya sistem sosial pada kelompok masyarakat tersebut.

  1. Emile Durkheim

Menurut Emile Derkheim, perubahan sosial dapat terjadi sebagai hasil faktor – faktor demografis dan ekologis, yang merubah pola hidup masayarakat dari kehidupan tradisional yang diikat dengan solidaritas mekanistik, menjadi kehidupan modern yang diikat dengan solidaritas organistik.

  1. Gllin

Menurut Gllin, perubahan sosial merupakan setiap perubahan yang terjadi sebagai sebuah variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan komposisi penduduk, kebudayaan material, kondisi geografi, terjadinya difusi, dan berbagai macam penemuan – penemuan baru yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian perubahan sosial yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-cirinya | Adzikra Ibrahim |