Pengertian Profesi dan Sikap Profesionalitas

Pengertian Profesi – “Kerja dimana bro?”, “Profesinya apa pak?”, “Nyari duitnya gimana pak?”. Beberapa pertanyaan di atas merupakan pertanyaan – pertanyaan yang menyangkut permasalahan profesi seseorang. Ya, profesi memang sering kali dikaitakan dengan pekerjaan, dan juga permasalahan uang. Setiap orang yang bekerja dalam profesi apa pun pasti mengharapkan uang sebagai imbalan atau pun balas jasa yang dikerjakannya.

Definisi dan Pengertian Profesi Menurut Para Ahli

  1. Hughes, E. C

Menurut Hughes. E. C, profesi menyatakan bahwa ia mengetahui lebih baik dari kliennya mengenai apa yang diderita atau pun apa yang terjadi pada klien yang dimilikinya.

  1. Paul F. Comenisch

Menurut Paul F. Comenisch, pengertian profesi adalah “komunitas moral” yang memiliki nilai – nilai dan cita – cita kebersamaan.

  1. K. Bertens

Menurut K. Bertens, profesi merupakan sebuah moral community (masyarakat moral) yang mempunyai cita – cita dan nilai – nilai kebersamaan.

  1. Doni Koesoema A.

Menurut Doni Koesoema A. Profesi merupakan pekerjaan, yang berwujud jabatan di dalam hierarki birokrasi organisasi, yang menuntut keahlian terntentu, serta dijalankan dengan mengikuti etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayanan baku terhadap masyarakat.

  1. Siti Nafsiah

Menurut Siti Nafsiah, profesi dapat diartikan sebagai sebuah pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup, sekaligus sebagai media untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain (orang banyak) yang harus diiringi dengan keahlian, profesionalisme, tanggung jawab, dan keterampilan.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, profesi merupakan bidang pekerjaan yang didasari landasan pendidikan keahlian (berupa kejuruan atau pun keterampilan) tertentu.

  1. Daniel Bell

Menurut Daniel Bell, pengertian profesi adalah setiap aktivitas intelektual yang dipelajari (termasuk pelatihan), yang diselenggarakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh sertifikat yang dikeluarkan oleh sekelompok / badan yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat, menggunakan etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide, kewenangan ketrampilan teknis dan moral serta bahwa perawat mengasumsikan adanya tingkatan dalam masyarakat

  1. Schein, E. H

Menurut Schein, profesi merupakan kumpulan set pekerjaan yang membentuk satu set norma khusus yang berasal dari perannnya yang khusus di masyarakat.

Sikap Profesionalitas dalam Aktivitas Kerja

Menurut Korten & Alfonso, sikap profesionalisme merupakan kesetaraan atau pun kecocokan antara kemampuan yang dimiliki dengan berbagai macam kebutuhan tugas yang ada di dalam organisasi birokrasi tertentu. Sikap profeionalisme dibutuhkan dalam setiap profesi agar apa yang dikerjakan dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa profesi. Tanpa sikap profesionalisme seorang pekerja tidak akan sukses dalam menjalani aktivitas kerjanya dan perusahaan / organisasi tidak akan bersedia menerima atau pun mempekerjakannya.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian profesi dan sikap propesional yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Profesi dan Sikap Profesionalitas | Adzikra Ibrahim |