Pengertian Promosi dan Tujuan Pelaksanaannya

Pengertian Promosi – Mayoritas orang yang ada di dunia pasti pernah ditawari produk – produk tertentu baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Aktivitas penawaran produk ini, biasanya dilakukan demi menarik minat Anda untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Aktivitas penawaran yang Anda terima ini sering disebut dengan istilah promosi.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

  1. Swastha

Menurut Swastha, promosi merupakan arus informasi ataupun persuasi satu arah yang sengaja dibuat untuk mengarahkan seseorang ataupun organisasi tertentu kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

  1. Stanton

Menurut Stanton, pengertian promosi merupakan setiap kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, serta aktivitas memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.

  1. Zimmerer

Menurut zimmerer, promosi dapat diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi persuasi yang dibuat untuk menginformasikan sebuah produk atau pun jasa kepada pelanggan serta untuk mempengaruhi mereka agar mau membeli produk ataupun jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan, dan periklanan.

  1. Saladin

Menurut saladin, pengertian promosi adalah salah satu untus dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, serta membujuk konsumen terhadap produk tertentu.

Tujuan Promosi

Aktivitas promosi pada dasarnya dilakukan oleh perusahaan sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan konsumen (pemakai) dari produk yang ditawarkan. Jika dirinci secara lebih mendalam, maka tujuan promosi adalah sebagai berikut :

  1. Penyebaran Informasi Produk

Tujuan promosi yang pertama adalah untuk menyebarkan informasi produk. Melalui aktivitas promosi, perusahaan berharap produk milik mereka bisa diketahui oleh para calon konsumen.

  1. Menarik Pelanggan

Tujuan promosi yang kedua adalah sebagai media untuk menarik pelanggan. Dalam aktivitas promosi, perusahaan biasanya menunjukkan berbagai manfaat dan juga kelebihan dari produk yang mereka miliki sehingga orang – orang menjadi tertarik untuk menggunakannya.

  1. Menjaga Kestabilan Penjualan

Dengan melakukan promosi, perusahaan berharap produknya dapat terus diingat oleh konsumen mereka sehingga tingkat penjualan produk milik mereka bisa lebih stabil.

  1. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah diungkapkan di atas, tujuan utama promosi adalah untuk menarik minat konsumen sehingga jumlah penjualan produk yang dimiliki oleh perusahaan (yang melakukan aktivitas promosi) bisa terus meningkat.

  1. Mengubah Tingkah Laku Konsumen

Selain menarik konsumen baru, promosi juga dilakukan untuk mengubah tingkah laku konsumen mereka. Iklan pasta gigi misalnya, dalam aktivitas promosi pasta gigi, perusahaan biasanya menanamkan berbagai macam tingkah laku baru (seperti menggosok gigi 2 kali sehari) kepada para konsumen.

  1. Membangun Citra Produk

Dengan aktivitas promosi yang tepat, perusahaan juga bisa membangun citra positif di mata konsumen sehingga perusahaan dan produk mereka lebih disukai dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

Itulah beberapa pengertian promosi beserta dengan tujuan pelaksanaannya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Promosi dan Tujuan Pelaksanaannya | Adzikra Ibrahim |