Pengertian Protein dan Tingkatan Strukturnya

Pengertian Protein – Protein merupakan salah satu bentuk nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, protein berfungsi sebagai nutrisi pembentuk otot dan daging.

Protein pada dasarnya dapat ditemui dengan mudah di beberapa bahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia seperti susu, telur, daging, tempe, dan tahu. Hampir setiap hari, manusia selalu mengonsumsi protein melalui berbagai macam bahan makanan. Sayangnya, meskipun terus dikonsumsi setiap hari, kenyataannya masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu protein. Padahal, sebagai orang yang membutuhkan protein, sudah seharusnya kita mengetahui apa itu protein dan bagaimana protein bekerja di dalam tubuh manusia.

Lantas, apa sih sebenarnya protein itu? Ada berapakah tingkatan struktur atau pun bentuk yang ada di dalam protein?

Definisi dan Pengertian Protein

Secara etimologi, kata protein pada dasarnya berasal dari Bahasa Yunani yaitu dari kata “Protos” yang artinya adalah “yang paling utama”. Jika diartikan dari asal katanya, maka protein merupakan bagian utama atau pun terpenting yang ada pada beberapa macam unsur.

Menurut Wikipedia, pengertian protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer – monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain melalui ikatan peptida.

Tingkatan Struktur Protein

Secara umum, struktur protein dapat dibagi ke dalam empat tingkatan struktur, yaitu :

  1. Struktur Primer

Struktur primer merupakan struktur utama yang ada pada protein. Struktur primer terbentuk atas asam amino penyusun protein yang terhubung melalui ikatan amida atau pun peptida. Panjang dan urutan struktur primer protein merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap fungsi protein.

  1. Struktur Sekunder

Struktur sekunder merupakan struktur protein tiga dimensi lokal yang terbentuk dari serangkaian struktur asam animo yang ada pada protein yang kestabilannya diatur oleh ikatan hidrogen yang ada pada struktur primer protein. Beberapa bentuk struktur sekunder yang ada pada protein yaitu alpha helix, beta – turn, beta – sheet, dan gamma – turn.

  1. Struktur Tersier

Struktur tersier merupakan tingkatan ketiga yang ada pada struktur penyusun protein. Struktur tersier tersusun atas gabungan berbagai macam molekul yang ada dalam struktur sekunder. Bentuk struktur tersier yang ada pada protein biasanya berupa gumpalan – gupalan terentu. Beberapa model struktur tersier protein ini biasanya dapat berinteraksi secara fisik tanpa membentuk ikatan kovalen tertentu dan membentuk oligomer yang stabil atau pun membentuk struktur kuartener.

  1. Struktur Kuartener

Struktur kuartener merupakan tingkatan struktur terakhir yang ada pada protein. Beberapa contoh struktur kuartener yang dapat ditemui dengan mudah di beberapa bahan makanan yaitu insulin dan juga enzim Rubisco.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian protein dan beberapa tingkatan struktur yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Protein dan Tingkatan Strukturnya | Adzikra Ibrahim |