Pengertian Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

Pengertian Psikologi – Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang dikhususkan untuk mempelajari tingkah laku atau pun pola kehidupan manusia. Ilmu psikologi memiliki kedudukan yang setara dengan ilmu sosial lainnya seperti ilmu ekonomi, ilmu sejarah, dan ilmu – ilmu sosial lainnya.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian kata psikologi yang coba diungkapkan oleh para ahli:

  1. Dakir

Menurut Dakir, psikologi merupakan cabang ilmu sosial yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

  1. Mubhibbin Syah

Menurut Mebhibbin Syah, pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup yang terjadi pada manusia baik sebagai individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan daerah lingkungan sekitarnya. Tingkah laku terbuka merupakan tingkah laku yang bersifat psikomotor yang terdiri dari aktivitas – aktivitas nyata, seperti berbicara, berjalan, tidur, dan berbagai perbuatan lainnya, sedangkan tingkah laku tertutup terdiri dari berfikir, berperasaan, memiliki keyakinan, dan berbagai aktivitas lainnya.

  1. Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid 13

Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid 13, psikologi merupakan cabang ilmu sosial yang secara khusus mempelajari perilaku manusia dan binatang baik perilaku yang dapat dilihat secara kasat mata atau pun perilaku yang tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

  1. Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan merupakan ilmu psikologi yang dikhususkan untuk menganalisa dan mempelajari tingkah laku manusia yang ada di dunia pendidikan. Psikologi pendidikan biasanya digunakan sebagai landasan untuk mementukan berbagai macam kebijakan – kebijakan di dunia pendidikan seperti kebijakan jam belajar, kebijakan teknik mengjar, dan kebijakan – kebijakan lainnya.

  1. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang secara khusus mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, yang normal atau pun tidak normal, dari sisi / aspek psikis / mentalnya.

  1. Psikologi Sosial

Psikologi sosial merupakan ilmu psikologi yang secara khusus membahas dan mempelajari tingkah laku manusia dalam aktivitas sosial (hubungan antar masyarakat) di lingkungan tempat tinggalnya.

  1. Psikologi Industri

Psikologi industri merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku para pelaku dan para pihak yang terkait dengan dunia usaha industri. Hasil penelitian ilmu psikologi industri biasanya banyak digunakan sebagai dasar penetapan berbagai macam kebijakan di dunia industri seperti kebijakan penetapan jam kerja, kebijakan penetapan aturan – aturan kerja, dan berbagai macam kebijakan lainnya.

  1. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku yang terjadi pada tiap – tiap tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia sepanjang rentang hidupnya.

Nah, itulah beberapa pengertian psikologi menurut para ahli dan beberapa kelompok ilmu psikologi yang ada di dunia. Semoga bermanfaat ya!

Pengertian Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi | Adzikra Ibrahim |