Pengertian Reboisasi Dan Fungsinya

Pengertiandefinisi.com – Ada beberapa arti kata dari reboisasi yang dapat anda temukan di Google, yang mana pengertian tersebut merupakan pengertian reboisasi secara umum dan juga menurut pendapat para pakar yang ahli dibidang tersebut. Arti kata dari reboisasi sendiri secara umum adalah penanaman kembali hutan atau kebun yang telan ditebang atau dalam kondisi tandus. Fungsi dari reboisasi sendiri adalah untuk mengembalikan kondisi alam dan ekosistem demi menjaga kualitas hidup manusia tetap baik. Dengan kondisi alam yang baik dan pohon yang banyak akan membantu penyerapan debu dan polusi, sehingga akan menangkal terjadinya pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida di udara dan menjaga udara tetap segar dan baik untuk manusia.

Pengertian Reboisasi Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak para ahli yang mencoba menjabarkan arti kata dari reboisasi, salah satunya adalah Manan dan Supriyanto. Mereka menjelaskan bahwa reboisasi adalah suatu kegiatan penghijauan ataupun penanaman di luar kawasan hutan terutama di lahan milik orang dengan tanaman semacam pohon hutan, pohon buah-buahan, tanaman perkebunan dan masih banyak lagi yang lainnnya. Menurut mereka fungsi dari reboisasi sendiri adalah untuk mengembalikan, memelihara, dan meningkatkan tingkat kesuburan dari tanah dimana kegiatan reboisasi tersebut dilaksanakan. Dari pendapat mereka terlihat bahwa arahan dari reboisasi menurut mereka adalah lahan milik orang saja, tidak termasuk hutan liar dan sebagainya.

Ada juga pendapat dari pakar lain mengenai pengertian reboisasi, seperti misalnya pendapat dari Kadri dan kawan-kawan pada tahun 1992. Menurut pendapat Kadri reboisasi adalah suatu upaya pembangunan hutan baru pada area hutan yang telah dilakukan tebang habis maupun tebang pilih, serta pembangunan hutan pada lahan kosong yang terdapat pada kawasan hutan tersebut. Menurutnya reboisasi sendiri terdiri dari kegiatan peremajaan pohon serta penanaman jenis pohon lain di area hutan dan juga area lain yang direncanakan akan dipergunakan sebagai hutan. Kadri pun mengungkapkan bahwa upaya yang masuk dalam reboisasi adalah membuat bangunan pencegah erosi tanah seperti terasering atau sengkedan dan juga bendungan yang dilakukan di area luar kawasan hutan.

Adapun beberapa manfaat dari reboisasi sendiri sangatlah penting dan berguna bagi umat manusia, salah satunya adalah menjaga keseimbangan alam yang juga dapat menunjang kelangsungan hidup dari umat manusia secara keseluruhan. Selain itu reboisasi dapat meminimalisir terjadinya banjir, karena air hujan dapat terserap secara maksimal oleh tanah. Manfaat lain dari reboisasi adalah mencegah terjadinya pemanasan global, karena pohon-pohon yang ada di bumi dapat menyerap polusi udara dan juga udara kotor yang kemudian dapat menghasilkan udara yang segar demi kelangsungan hidup manusia. Demikian beberapa pengertian reboisasi dan juga manfaat yang didapatkan dari adanya reboisasi.

Pengertian Reboisasi Dan Fungsinya | Adzikra Ibrahim |