Pengertian Reformasi dalam Berbagai Macam Bidang

Pengertian Reformasi – Ketika mendengar istilah reformasi, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah kerusuhan yang terjadi di Indonesia pada Tahun 1998. Ya, di Indonesia aktivitas reformasi pemerintahan di Tahun 1998 memang menghasilkan sejumlah kekacauan dan kerusuhan yang dampaknya masih terasa hingga saat ini.

Istilah reformasi tergolong agak jarang digunakan dalam aktivitas sehari – hari, sehingga kebanyakan orang awam tidak mengetahui apa itu arti kata reformasi. Padahal, sebagai penduduk sebuah negara yang pernah melakukan reformasi, kita sudah sewajarnya mengetahui arti kata reformasi.

Jika diartikan secara umum, reformasi merupakan perubahan yang dilakukan pada suatu sistem yang dianggap gagal atau pun tidak lagi bekerja dengan efektif, sebagai tindakan atau pun upaya melaksanakan perbaikan dalam suatu sistem tertentu. Aktivitas reformasi biasanya dilakukan di dalam bidang pemerintahan atau pun kepemimpinan organisasi tertentu.

Definisi dan Pengertian Reformasi

Istilah reformasi pada dasarnya berasal dari kata “formasi” yang artinya susunan atau pun tatanan, yang mendapat imbuhan “re” yang artinya pengulangan atau pun kembali. Jika diarikan dari dasar katanya, maka pengertian reformasi adalah penataan ulang atau pun penataan kembali berbagi macam hal (bergantung dengan objek aktivitas reformasi) yang dianggap tidak baik, menuju ke arah yang lebih baik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, reformasi merupakan perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, dan agama) di suatu masyarakat atau pun negara.

Definisi Reformasi dalam Berbagai Bidang

Bidang Ekonomi – Reformasi ekonomi merupakan perubahan yang dilakukan untuk memperbaiki tatanan pengatur perekonomian di suatu kelompok masyarakat atau pun negara.

Bidang Politik – Reformasi politik merupakan perubahan secara drastis yang dilakukan dalam tatanan politik suatu negara untuk memperbaiki kebobrokan susunan politik yang ada di dalamnya.

Bidang Hukum – Reformasi hukum merupakan perubahan besar – besaran yang dilakukan pada bidang hukum yang dilaksanakan untuk memperbaiki sistem penegakan hukum di suatu negara.

Reformasi Agama – Pengertian reformasi agama merupakan perubahan sistem ajaran atau pun pola – pola aktivitas beragama yang dirasa sudah tidak relevan dengan kehidupan saat ini. Salah satu contoh reformasi agama adalah reformasi Protestan yang dilakukan oleh para pemimpin agama Protestan di Eropa Barat, dan reformasi Katolik yang dijalankan oleh para pemimpin agama Katolik yang ada di daerah Eropa.

Reformasi Pemerintahan – Reformasi pemerintahan merupakan reformasi besar – besaran yang dilakukan pada sistem pemerintahan sebuah negara. Reformasi pemerintahan biasanya mencakup reformasi ekonomi, reformasi hukum, dan reformasi politik yang sudah berlaku di pemerintahan yang sebelumnya. Salah satu contoh reformasi pemerintahan adalah reformasi Negara Republik Indonesia yang terjadi pada Tahun 1998.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian reformasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Reformasi dalam Berbagai Macam Bidang | Adzikra Ibrahim |