Pengertian Sosial dalam Organisasi dan Kelompok

Pengertian Sosial – Istilah sosial sering kali digunakan dalam berbagai macam aktivitas keseharian manusia. Penggunaan istilah sosial biasanya merujuk kepada kehidupan bermasyarakat yang dilakukan oleh manusia dan juga aksi – aksi saling tolong – menolong antar sesama.

Setiap manusia pada dasarnya terlahir sebagai makhluk sosial. Setiap manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa keberadaan orang lain, manusia tidak akan bisa bertahan hidup atau bahkan tidak dapat hidup sama sekali (karena notabene manusia dilahirkan dari manusia lainnya).

Meskipun merupakan makhluk sosial, nyatanya masih banyak manusia yang tidak mengerti / memahami makna dari kata sosial. Kebanyakan orang yang mengetahui arti kata sosial adalah orang – orang yang berasal dari kalangan teredukasi. Orang – orang yang kurang teredukasi biasanya tidak begitu memahami arti / makna kata sosial yang sebenarnya.

Lantas apa sih sebenarnya arti kata sosial itu? Jika diartikan secara sederhana, maka arti kata sosial adalah hubungan manusia dengan manusia lainnya (hubungan antar manusia). Selain pengertian ini, berikut merupakan beberapa pengertian sosial yang coba diutarakan oleh para ahli :

Definisi dan Pengertian Sosial Menurut Pendapat Para Ahli

  1. Ruth Aylett

Menurut Ruth Aylett, sosial merupakan sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan yang tetap inheren dan terintegrasi.

  1. Philip Wexler

Menurut Philip Wexler, pengertian sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia yang cenderung membutuhkan peranan orang lain dalam kehidupannya.

  1. Enda. M. C

Menurut Enda. M. C, sosial merupakan cara yang dilakukan oleh individu untuk saling berhubungan, dan dapat dikatakan jika sosial merupakan sifat dasar setiap manusia untuk saling berhubungan dengan manusia lainnya.

  1. Peter Herman

Menurut Peter Herman, pengertian sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai perbedaan namun tetap dianggap sebagai satu kesatuan yang utuh.

  1. Paul Ernest

Menurut Paul Ernest, sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka (setiap manusia) terlibat dalam berbagai macam kegiatan bersama.

Definisi Sosial dalam Organisai dan Kelompok

Dalam aktivitas organisasi dan kelompok, setiap anggota harus memiliki kesadaran sosial yang padu. Tanpa kesadaran sosial yang kuat, sebuah organisasi atau pun kelompok tidak akan berjalan dengan baik sehingga apa yang dicita – citakan (tujuan) kelompok tidak akan terwujud.

Penerapan teori sosial dalam kelompok secara luas dilakukan pada organisasi masyarakat dan secara sempit dilakukan pada keluarga. Di dua organisasi ini, setiap manusia mengambil / melaksanakan perannya masing – masing sehingga setiap kebutuhan hidup dapat dipenuhi dengan jalan subsidi silang (saling melengkapi). Dalam keluarga misalnya, ayah berperan sebagai pencari nafkah, ibu sebagai pengurus rumah tangga, dan anak sebagai pelengkap kasih sayang.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian sosial dalam organisasi dan kelompok yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Sosial dalam Organisasi dan Kelompok | Adzikra Ibrahim |