Pengertian Strategi dan Perbedaannya dengan Taktik

Pengertian Strategi – Mendengar istilah strategi, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah kemenangan dan kesuksesan. Ya, strategi memang merupakan sebuah faktor penting yang mempengaruhi kemenangan / kesuksesan orang yang membuat dan menjalankannya. Setiap orang – orang sukses biasanya memiliki racikan strategi dan taktik yang disinkronkan dengan tujuan mereka.

Istilah strategi biasanya sering digunakan di bidang bisnis dan juga bidang militer. Hampir seluruh manusia di dunia pasti pernah mendengar dan menggunakan istilah yang satu ini. Akan tetapi, kenyataannya dari sekian banyak orang yang pernah menggunakan istilah yang satu ini, hanya sebagian kecilnya saja yang mengetahui arti kata strategi yang sebenarnya. Bahkan, beberapa di antara mereka sering kali menyamakan strategi dengan taktik.

Lantas apa sih sebenarnya strategi itu? Apakah strategi tidak sama dengan taktik?

Definisi dan Pengertian Strategi

Kata strategi pada dasarnya berasal dari Bahasa Yunani, yaitu kata ‘strategos’ yang artinya komandan militer (di zaman demokrasi Athena). Pada zaman demokrasi Athena setiap pasukan yang dipimpin oleh strategos selalu berhasil memenangi peperangan sehingga teknik dan tata cara penyusunan strateginya dipelajari oleh banyak negara lainnya dan disebut dengan istilah strategi (taktik strategos).

Menurut Wikipedia, pengertian strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasaj, perencanaan, dan eksekusi suatu aktivitas yang dijalankan selama kurun waktu tertentu.

Dalam proses pengaplikasiannya, sebuah strategi membutuhkan peran banyak orang, membutuhkan kerja sama tim, dan memerlukan taktik, sehingga setiap tujuan yang ditetapkan dapat dicapai dengan lebih cepat dan mudah. Tanpa kombinasi beberapa macam hal di atas, sehebat apapun strategi yang dibuat, strategi tidak akan bisa berjalan dengan optimal sehingga hasilnya pun tidak akan optimal.

Strategi pada awalnya hanya digunakan di dalam dunia militer saja. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, strategi terus dikemabangkan di beberapa bidang lainnya seperti bidang olah raga, bidang bisnis, bidang pemasaran, bidang pemasaran, dan berbagai macam bidang lainnya.

Perbedaan Strategi dengan Taktik

Dalam kehidupan sehari – hari, kita sering kali menyamakan istilah strategi dengan taktik. Padahal, jika diteliti dengan seksama, dua istilah ini memiliki arti yang berbeda satu sama lainnya.

Pebedaan strategi dengan taktik terletak pada cakupan ruang lingkup dan juga waktu pelaksanaannya. Sebuah strategi biasanya memiliki cakupan yang sangat luas dan dijalankan dalan kurun waktu yang panjang, sedangkan sebuah taktik biasanya memiliki cakupan yang lebih sempit dan dijalankan dalam kurun waktu yang sedikit lebih pendek. Dalam klub sepak bola misalnya, seorang pelatih harus mempersiapkan strategi memenangkan kejuaraan sekaligus mempersiapkan taktik untuk memenangkan pertandingan yang akan dilakoni.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian strategi yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

loading...
Pengertian Strategi dan Perbedaannya dengan Taktik | Adzikra Ibrahim |