Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya

Sebelum membahas mengenai pengertian struktur organisasi, ada baiknya mengenal dulu apa itu arti dari organisasi. Organisasi sendiri memiliki pengertian sebagai tempat berkumpul dua orang atau lebih yang melakukan sebuah kerja sama dengan satu visi dan misi yang sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya sudah disepakati bersama. Sehingga sebuah perkumpulan dari dua orang atau lebih dengan tujuan yang sama sudah bisa dikatakan sebagai organisasi. Meski demikian, sebuah organisasi tidak akan lepas dari namanya struktur organisasi. Sebenarnya apa arti atau pengertian dari struktur organisasi?

Apa pengertian struktur organisasi dan manfaat dari adanya struktur organisasi?

Jika Anda sudah bisa memahami arti dari organisasi maka pengertian struktur organisasi bisa Anda terka sendiri. Struktur organisasi berarti sebuah susunan dari beberapa unit kerja dari sebuah organisasi. Selain itu, struktur organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu susunan dari beberapa komponen yang dalam sebuah organisasi, yang masing-masing komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain dan memiliki perannya masing-masing. Dalam sebuah struktur organisasi juga akan ditampilkan beberapa pembagian kerja dan juga siapa saja yang bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengawasi program kerja tersebut.

Memang dari pengertian struktur organisasi saja, Anda tentu sudah bisa menebak apa saja yang biasanya ada atau dicantumkan dalam struktur yang dipajang. Contoh sederhana dari struktur organisasi yang paling mudah dan paling sering ditemui adalah struktur organisasi yang ada di kelas. Ada banyak bentuk yang bisa menggambarkan sebuah bagan menjadi struktur organisasi baik itu berupa gambar pohon, bagan, atau bentuk lainnya. Meski demikian, hampir semua struktur organisasi memiliki pola yang sama. Umumnya, orang dengan kekuasaan tertinggi berada di urutan teratas yang biasanya disejajarkan dengan beberapa penasihat atau tetua dari organisasi tersebut.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya sebuah struktur organisasi baik itu organisasi yang berskala besar maupun dalam skala kecil. Fungsi pertama yang bisa diperoleh adalah adanya kejelasan siapa yang bertanggung jawab jika ada sebuah masalah. Mengingat organisasi adalah perkumpulan dari dua orang atau lebih maka perlu adanya kejelasan siapa yang akan diberi wewenang dan siapa pula yang akan bertanggung jawab. Setiap anggota dalam organisasi tersebut harus berani bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya kepada anggota lain dalam organisasi tersebut.

Manfaat kedua yang bisa diperoleh dengan adanya struktur organisasi adalah adanya kejelasan mengenai kedudukan dari seseorang. Dalam struktur organisasi memang sudah tertera jelas siapa ketuanya, siapa bendahara, siapa sekretaris, siapa ketua bagian A, siapa ketua bagian B, dan siapa pula anggota dari masing-masing bagian. Hal ini cukup penting karena dengan adanya kejelasan kedudukan ini tidak akan ada yang mengambil wewenang diluar batasan yang diberikan. Sekian pembahasan mengenai pengertian struktur organisasi dan beberapa fungsinya, semoga bisa bermanfaat.

loading...
Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya | Adzikra Ibrahim |