Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Manusia – Menurut para ahli, sumber daya manusia merupakan salah satu pondasi utama dan juga pondasi terpenting yang harus ada pada perusahaan. Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat vital dalam aktivitas ataupun kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan. Tanpa mesin, perusahaan masih dapat berjalan dengan memanfaatkan tenaga kerja, akan tetapi tanpa tenaga kerja, sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan sama sekali meskipun dengan bantuan mesin canggih sekali pun.

Beberapa Pengertian Sumber Daya Manusia

Ermaya

Menurut Ermaya, sumber daya manusia merupakan faktor pertama dan utama dalam setiap proses pembangunan. Dalam pembangunan, sumber daya manusia memiliki peran ganda yaitu sebagai subjek sekaligus objek dari aktivitas pembangunan yang dijalankan.

Gouzali Syadam

Menurut Souzali Syadam, sumber daya manusia pada dasarnya merupakan terjemahan dari istilah ‘human recouces’, akan tetapi ada pula beberapa ahli yang menyatakan sumber daya manusia sama saja dengan tenaga kerja ataupun ‘man power’.

Sonny Sumarsono

Menurut Sonny Sumarsono, pengertian sumber daya manusia dapat dibagi menjadi dua. Pertama, sumber daya manusia mengandung pengertian usaha kerja ataupun jasa yang diberikan dalam sebuah proses produksi (dalam hal ini, SDM menggambarkan kualitas usaha yang bisa diberikan oleh seseorang untuk menghasilkan suatu produk berupa barang ataupun jasa dalam periode waktu tertentu), dan yang kedua, sumber daya manusia menyangkut setiap orang yang mampu melaksanakan aktivitas kerja dengan jalan memberikan jasa baik tenaga ataupun ilmu.

Veitzal Rivai

Menurut Veitzal Rivai, sumber daya manusia adalah setiap orang yang siap, mau dan mampu memberikan kontribusi ataupun sumbangan dalam usaha pencapaian tujuan organisasi perusahaan.

M.T.E Hariandja

Menurut Hariandja, sumber daya manusia merupakan faktor yang memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan selain faktor lainnya seperti modal. Oleh sebab itu, sumber daya manusia harus dikelola dengan baik sehingga efektivitas dan efisiensi perusahaan dapat tercapai.

Tadjuddin Noer Effendi

Menurut Tadjuddin Noer Effendi, sumber daya manusia menyangkut dimensi, jumlah, kualitas dan penyebaran manusia.

Abdurrahmat Fathoni

Menurut Aburrahmat Fathoni, sumber daya manusia merupakan modal dan kekayaan terpenting dalam setiap aktivitas ataupun kegiatan manusia. Untuk bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan, manusia perlu dianalisis dan dikembangkan dengan cara yang sesuai yang memperhatikan unsur – unsur berupa waktu, kemampuan, dan tenaga yang dimiliki oleh setiap individu sumber daya manusia.

Itulah beberapa pengertian sumber daya manusia menurut para ahli. Untuk bisa mencapai apa yang diinginkan ataupun tujuan yang dimiliki, setiap organisasi perusahaan harus mengelola sumber daya manusia yang mereka miliki dengan baik. Aktivitas pengelolaan sumber daya manusia ini sendiri biasanya dilakukan dengan mengandalkan sistem manajemen sumber daya manusia. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |