Pengertian Suspensi dan Perbedannya dengan Larutan dan Koloid

Pengertian Suspensi – Dalam dunia kimia, kita sering kali dihadapkan dengan berbagai macam istilah yang agak asing seperti salah satunya adalah suspensi. Suspensi merupakan salah satu istilah yang ada dalam dunia kimia yang digunakan untuk menggambarkan kondisi campuran dua ataupun beberapa macam benda ataupun zat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali melakukan aktivitas pencampuran beberapa macam zat menjadi satu. Aktivitas membuat larutan es teh manis ataupun kopi misalnya. Dalam kedua aktivitas ini, kita mencampurkan beberapa macam bahan ke dalam satu wadah sekaligus. Dalam membuat es teh manis kita mencampurkan setidaknya 4 bahan ataupun zat yaitu gula, air, teh, dan es, sedangkan dalam membuat kopi setidaknya kita mencampurkan 3 macam zat sekaligus yaitu kopi, air, dan gula.

Ketika beberapa macam zat tersebut di atas kita campurkan, maka kita akan mendapatkan dua campuran yaitu berupa es teh manis dan kopi yang siap diminum. Nah, kedua campuran ini dapat memiliki karakteristik yang berbeda. Campuran es teh manis dapat kita kategorikan sebagai larutan (zat gula dan air) sekaligus koloid (hanya jika teh yang digunakan merupakan teh celup), sedangkan campuran kopi dapat kita kategorikan menjadi sebuah suspensi.

Lantas, apa sih sebenarnya pengertian suspensi itu? Dan apa perbedaannya dengan larutan ataupun koloid?

Defenisi dan Pengertian Susepensi

Suspensi merupakan salah satu istilah kimia yang digunakan untuk menggambarkan kondisi campuran beberapa macam zat. Pengertian suspensi adalah campuran beberapa macam zat yang bersifat heterogen, seperti contohnya adalah zat kopi dengan air. Kopi dan air merupakan dua zat yang memiliki karakteristik yang berbeda dimana kopi merupakan padatan, sedangkan air merupakan cairan. Ketika dua zat ini dicampurkan, maka zat akan terlihat menyatu untuk beberapa saat saja, dan akan kembali terpisah setelah beberapa waktu kemudian.

Perbedaan Suspensi dengan Larutan dan Koloid

Pada dasarnya, suspensi, larutan, dan koloid sama-sama merupakan campuran dari dua ataupun beberapa macam zat. Ketiga istilah kimia ini merupakan hasil dari penggabungan beberapa bahan ataupun zat yang dicampurkan. Meskipun sama-sama merupakan hasil dari pencampuran beberapa macam zat, ketiga istilah di atas memiliki perbedaan satu sama lainnya. Perbedaan tersebut yaitu : Suspensi merupakan campuran beberapa macam zat yang memiliki karakteristik berbeda ataupun heterogen, sedangkan larutan merupakan campuran dari beberapa macam zat yang memiliki karakteristik sejenis ataupun disebut juga dengan homogen, dan sedangkan koloid merupakan campuran dari beberapa macam zat ataupun benda yang memiliki sifat ganda yaitu dapat bersifat homogen, akan tetapi juga dapat bersifat heterogen.

Itulah pengertian suspensi beserta dengan perbedaannya dengan larutan dan koloid. Semoga bermanfaat ya!

Pengertian Suspensi dan Perbedannya dengan Larutan dan Koloid | Adzikra Ibrahim |