Pengertian Web dan Jenis-jenisnya

Pengertian Web – Berbicara mengenai web, hal pertama yang timbul di benak penulis adalah dunia internet. Ya, web memang sangat berkaitan erat dengan dunia jaringan internet. Kedua istilah ini (web dan jaringan internet) merupakan dua hal yang saling terkait satu sama lainnya. Halaman web membutuhkan jaringan internet sebagai media penyampaian, sedangkan jaringan internet membutuhkan halaman web sebagai isi atau pun content yang dapat dibagikan kepada para penggunanya.

Istilah web biasanya sering digunakan di bidang teknologi komputer. Bagi orang – orang yang berkecimpung di dunia ini, istilah web bukanlah istilah yang asing bagi mereka. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam yang tidak memahami dunia komputer sama sekali, istilah web tentunya merupakan istilah yang sangat awam atau bahkan aneh bagi mereka. Kebanyakan orang awam pada dasarnya sudah pernah melihat dan menggunakan web akan tetapi mereka tidak mengetahui apa itu defenisi web yang sesungguhnya.

Lantas apa sih sebenarnya defenisi web itu?

Definisi dan Pengertian Web

Menurut Wikipedia, pengertian web adalah berkas yang dituli sebagai berkas teks biasaya (plain text), yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi – instruksi berbasis HTML atau pun XHTML, yang kadang – kadang juga turut disisipi dengan berbagai macam bahasa skrip. Berkas web ini nantinya akan diterjemahkan oleh mesin browser dan ditampilkan menjadi sebuah halaman / situs web yang biasa kita lihat.

Jenis – jenis Web

Hingga saat ini (2015), tercatat setidaknya ada tiga macam / jenis web di jaringan internet yaitu situs web statis, situs web dinamis, dan situs web interaktif.

  1. Situs Web Statis

Situs web statis merupakan jenis situs web yang isinya tidak diperbaharui secara berkala. Situs web model ini biasanya dimiliki oleh perusahaan – perusahaan yang hanya menggunakan situs web sebagai media informasi perusahaan saja (seperti situs milik perusahaan penerbangan, situs milik perusahaan perkebunan, dan situs – situs lainnya).

  1. Situs Web Dinamis

Berbeda dengan situs web statis yang isinya tidak diperbaharui secara berkala, isi situs web dinamis biasanya selalu up date dan diperbaharui secara berkala (atau bahkan terjadwal) oleh pengelola atau pun pemilik situs web. Model situs web ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan atau pun perorangan yang memang mengandalkan seluruh aktivitas bisnis mereka dari dunia internet. Beberapa contoh situs ini adalah situs portal berita, blog, dan situs – situs lainnya.

  1. Situs Web Interaktif

Situs web interaktif pada dasarnya hampir sama dengan situs web dinamis. Bedanya, jika situs web dinamis isinya diupdate atau pun diperbaharui oleh pengelola, situs web interaktif biasanya diperbarui oleh pengguna situs web tersebut. Beberapa contoh situs web interaktif yaitu situs atau pun media jejaring sosial, situs portal blogging, dan situs – situs lainnya.

Jadi sudah tahu kan apa itu pengertian web dan apa saja jenis – jenis web di internet?

Pengertian Web dan Jenis-jenisnya | Adzikra Ibrahim |