Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu pengertian Wireless, ada baiknya jika Anda mengetahuinya sedini mungkin mulai dari sekarang. Pasalnya, di era perkembangan teknologi yang berkembang pesat seperti dewasa ini, mengetahui seluk-beluk yang ada kaitannya dengan teknologi akan menjadi keuntungan tersendiri. Khususnya jika Anda ingin memiliki daya saing yang kuat untuk mencari pekerjaan ataupun menjadi manusia unggul di bidang teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa kita hindarkan lagi adalah perkembangan dari teknologi komputer ataupun sebagainya. Yang mana perkembangan dari teknologi tersebut pasalnya sudah sangat mendarah daging dan sudah sangat mudah kita temukan pada perkembangan industri teknologi dewasa ini, salah satunya adalah wireless.

Pengertian Wireless merupakan sebuah jaringan untuk menghubungkan jaringan internet dan komputer ataupun sebagainya tanpa menggunakan sebuah kabel sebagai penghubungnya. Yang mana jaringan ini memanfaatkan kinerja udara yang dijadikan sebagai media untuk melakukan transmisi penghantar gelombang elektromagnetik. Keberadaan jaringan ini memang sudah cukup lama hadir didalam kehidupan kita dengan waktu penemuan yang cukup lama. Awal mula adanya Wireless ini sendiri diteliti dan diujicoba dengan adanya penemuan radar dan juga radio. Dikarenakan perkembangan teknologi yang begitu besar, wireless kerap kali dikembangkan bukan hanya untuk radio dan juga radar saja. Bukan hanya digunakan untuk perangkat komputer saja, wireless juga kerap dipakai untuk melengkapi berbagai perangkat canggih yang saat ini sudah sering kita temui.

Berikut Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

Sudah ada banyak pengertian Wireless dari para ahli yang menuturkan hal tersebut. Salah satu perangkat canggih yang menggunakannya adalah telepon seluler, GPRS, komputer tanpa kabel, radio panggil, telepon cordless, remote kontrol dan masih banyak lagi penggunaannya. Berikut adalah beberapa pengertian dari Wireless yang dikemukakan oleh para ahli:

  1. Priyambodo mengatakan bahwa Wireless merupakan standar dari jaringan tanpa kabel atau yang dikenal dengan nama Wireless Networking dengan fungsi untuk menyempurnakan komponen-komponen pada jaringan internet agar terkoneksikan atau agar terhubung dengan internet dengan mudah dan tanpa ribet.

 

  1. Onno W. Purbo mengatakan bahwa Wirelles merupakan standar yang sering dimanfaatkan untuk alat bantu komunikasi jaringan tanpa menggunakan sebuah kabel. Yang mana mendasari dari spesifikasi IEEE. Biasanya, jaringan tanpa kabel tersebut digunakan ataupun disharing secara bersama-sama dalam sebuah ruangan ataupun komunitas tertentu.

 

  1. Doni Kurniawan mengatakan bahwa pengertian Wireless atau jaringan tanpa kabel merupakan sebuah teknologi lama dengan penerapan yang sudah ditemukan pada netbook pentium 3. Dan selanjutnya, penerapan dari teknologi ini sendiri harus dihubungkan ataupun diterapkan dengan netbook pentium 4 serta generasi selanjutnya. Atau dengan kata lain sebuah jaringan wireless merupakan jaringan dari teknologi terbaru yang harus ada dalam netbook selanjutnya. Tujuannya, agar perkembangan teknologi ini bisa lebih berkembang dan juga semakin maju.

 

  1. Yuhezir mengungkapkan bahwa Wireless merupakan sebuah perangkat singkatan dari Wireles Fidelity. Yakni sebuah perangkat standar untuk berkomunikasi secara lokal tanpa harus menggunakan kabel sebagai penghubungnya.

 

  1. Jubile Interprise mengungkapkan bahwa Wireless merupakan varian terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang lantas bekerja pada sebuah jaringan serta perangkat Wireless Local Network (WLAN)

Nah, itu tadi beberapa pengertian Wireless yang dikemukakan oleh para ahli di bidang teknologi. Wireless sendiri merupakan sebuah jaringan yang sudah banyak digunakan masyarakat dunia, karena itulah tidak sulit untuk menemukannya dalam kehidupan sehari-hari.

loading...
Pengertian Wireless Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |