Pengertian Desentralisasi dan Bagian-bagian Sistem Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi – Istilah desentralisasi merupakan kebalikan dari istilah sentralisasi. Jika sentralisasi merupakan sistem pemerintahan terpusat, maka desentralisasi merupakan sistem pemerintahan yang tidak terpusat atau dengan kata lain dibagi-bagi menjadi beberapa bagian pemerintahan. Dalam sistem desentralisasi, pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk menjalankan berbagai macam aktivitas terkait pemerintahan di daerah tersebut.

Definisi dan Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli

Sills

Menurut Sills,  desentralisasi merupakan aktivitas penyerahan wewenang dari tingkat pemerintahan yang lebih tinggi ke tingkat pemerintahan yang lebih rendah, baik di bidang legislatif, administratif, maupun yudikatif.

Soejipto

Menurut Soejipto, pengertian desentralisasi adalah pelimpahan kewenangan yang dilakukan pemerintah kepada pihak lainnya untuk dilaksanakan. Desentralisasi dapat diibaratkan sebagai suatu sistem pemerintahan yang pelaksanaannya berkebalikan dengan sistem sentralisasi.

Koesoemahatmadja

Menurut Koesoemahatmadja, desentralisasi dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu dekonsentrasi dan desentralisasi ketatanegaraan / desentralisasi politik.

  • Dekonsentrasi merupakan pelimpahan kekuasaan dari alat perlengkapan negara di posisi yang tinggi kepada bawahannya sebagai upaya untuk melancarkan pelaksanaan tugas pemerintah.
  • Desentralisasi politik merupakan pelimpahan kekuasaan yang dijalankan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sebagai upaya untuk meningkatkan keotonomian lingkungan daerah.

United Nations

Menurut United Nations, desentralisasi merupakan sebuah proses kewenangan yang dilakukan oleh pusat kepada daerah. Proses kewenangan ini dilakukan melalui dua macam cara yaitu dengan cara devolusi kepada badan otonomi daerah, dan dengan jalan delegasi kepada pejabat-pejabat yang ada di daerah.

Salusu

Menurut Salusu, pengertian desentralisasi adalah kewenangan yang relatif besar, terutama dalam aktivitas pembuatan berbagai macam keputusan penting yang didelegasikan secara luas ke tingkat bawah dari organisasi menggunakan mata rantai komando.

Jha Mathur

Menurut Jha Mathur, desentralisasi merupakan aktivitas pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat dengan jalan dekonsentrasi pendelegasian kantor wilayah atau pun dengan jalan devolusi kepada pejabat daerah atau pun badan-badan yang ada di daerah.

Bagian-bagian Sistem Desentralisasi

Secara umum, desentralisasi dapat dibagi menjadi tiga macam bagian, yaitu :

Desentralisasi Politik

Desentralisasi politik merupakan pelimpahan kekuasaan / kewenangan di bidang politik. Dalam hal ini pemerintah pusat menyerahkan sepenuhnya kewenangan politik daerah kepada pemerintahan daerah tersebut.

Desentralisasi Administratif

Desentralisasi administratif merupakan pelimpahan kekuasaan / kewenangan di bidang administratif pemerintahan. Dalam penjalanan desentralisasi ini, pemerintah pusat hanya melimpahkan aktivitas administratifnya saja tanpa disertai wewenang pengambilan keputusan lainnya.

Desentralisasi Fiskal

Desentralisasi fiskal merupakan pelimpahan kekuasaan / kewenangan di bidang keuangan pemerintahan. Desentralisasi fiskal dijalankan dengan cara memberi wewenang sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk mengatur keuangan daerahnya tanpa campur tangan pemerintah pusat (hanya bertindak sebagai pengawas dan pemberi bantuan saja).

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian desentralisasi beserta dengan bagian-bagian yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Desentralisasi dan Bagian-bagian Sistem Desentralisasi | Adzikra Ibrahim |